Mutiara Hadits – Edisi 02 : Nama Yang Disukai Allah

Mutiara Hadis- Dari Ibnu Umar, dari Raslullah SAW. belau bersabda:

وحدثني ابراهيم بن زياد وهو الملقب بسبلان اخبرنا عباد بن عباد عن عبيد الله بن عمر واخيه عبد الله سمعه منهما سنة اربع واربعين ومئة يحدثان عن نافع عن ابن عمر قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم إن أحب اسمئكم الى الله عبد الله وعبد الرحمن 

“Telah menceritakan kepadaku Ibrahim bin Ziyad dan dia dijuluki dengan nama Sabalan. Telah mengabarkan kepada kami 'Abbad bin 'Abbad dari Ubaidillah bin Umar dan saudara Laki-lakinya Abdullah yang dia dengar dari keduanya sejak tahun 144 H. , keduanya menceritakan dari Nafi' dari Ibnu Umar ia berkata; Rasulullah SAW bersabda: ” Sesungguhnya nama-nama yang paling disukai atau dicintai Allah Ta'aala ialah nama seperti Abdullah dan Abdurrahman.

Hadis di atas menjelaskan tentang etika dalam memberikan nama, hendaknya orang tua ketika memberikan nama kepada anak-anaknya, maka berilah nama yang baik, semisal ketika memberi nama pada naka laki-laki sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW., adalah seperti nama Abdullah, Abdurrahman, atau nama -nama Islami yang lainnya dan syukur ditambahi awalan atau akhiran Muhammad. Dalam hadis yang lain Rasulullah menjelaskan ” Silahkan kalian memberi nama dengan namaku, tetapi jangan kalian memberi gelar dengan gelarku”.

Demikian etika atau adab memberi nama. Semoga bermanfaat.

 

Referensi: Shahih Muslim

*Penulis : Rikin – Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Bobotsari

(Bimas Islam  – KA)

Bagikan :
Translate »