Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke -76 wilayah Kecamatan Bojongsari

Purbalingga. Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke 76 dipersembahkan keluarga besar Kementerian Agama Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga melalui Upacara Bendera tepat di Hari Amal Bhakti Senin, 3 Januari 2022 di MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari.

Di bawah awan cerah di pagi hari, secerah wajah para ASN Kementerian Agama di wilayah Kecamatan Bojongsari. Mereka berkumpul di MTs Ma’arif menjadi tempat yang dipilih oleh panitia HAB Kementerian Agama Ke 76 Kecamatan Bojongsari. Mengenakan pakaian dinas lengkap di hari Senin, upacara pun dimulai dengan khidmat dan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Upacara dipimpin oleh Yuni Eko Budi Santoso dan sebagai pembina upacara Kepala KUA Kecamatan Bojongsari, Amin Nasirudin. Upacara diawali dengan pembacaan sejarah Kementerian Agama RI oleh Siti Mutmainah, dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila dan UUD 1945. Semakin khidmat peserta upacara mendengarkan dengan seksama sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh pembina upacara.

Mengutip sambutan Menteri Agama, “Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.”

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020
menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang
semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Lebih lanjut Menteri Agama mengatakan dalam sambutannya, “Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat”.

Upacara dilanjutkan dengan penandatangan fakta integritas dari ASN Kecamatan Bojongsari sebagai salah satu wujud kesetiaan para ASN kepada Kementerian Agama. Doa menjadi penutup upacara dengan penuh rasa syukur dipanjatkan kepada Allah SWT dipimpin oleh Ketua Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Bojongsari Nazarudin Latif.

Kontributor : Artanti Laili Zulaiha

Bagikan :
Translate »