Studi Orientasi, MAN Purbalingga Kunjungi IAIN Salatiga dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kunjungan Studi Orientasi Perguruan Tinggi Negeri siswa-siswi dan jajaran pendidik MAN Purbalingga ke IAIN Salatiga.

Purbalingga – Dalam rangka menjalin hubungan kelembagaan sekaligus melaksanakan salah satu program yang telah diagendakan secara rutin, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga melaksanakan Studi Orientasi Perguruan Tinggi Negeri (SOPTN) Tahun 2021 ke dua lokasi. Kedua lokasi tujuan tersebut adalah  IAIN Salatiga dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kepala MAN Purbalingga M. Alwi dalam keterangannya baru-baru ini menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa (18/1/2022) dan diikuti oleh 170 orang siswa.

“SOPTN ini adalah salah satu agenda yang sudah menjadi program rutin dari Kelas Program Jalur Khusus,” ujarnya.

Melalui kegiatan kunjungan Studi Orientasi tersebut Alwi berharap hubungan antara MAN Purbalingga dengan IAIN Salatiga dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta semakin terjalin erat, sehingga akan banyak alumni MAN Purbalingga yang melanjutkan pendidikannya di dua Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri tersebut.

“IAIN Salatiga menjadi salah satu tujuan kami karena termasuk dalam Perguruan Tinggi Islam Terbaik di Indonesia dengan menerapkan Islam Washatiyah,” jelasnya.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Salatiga, Sidqon Maesur dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan kualitas yang dimiliki IAIN Salatiga sudah siap menyambut mahasiswa baru dengan baik.

“Selamat datang di IAIN Salatiga, Green Wasathiyah Campus yang menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang mendapat predikat unit kerja Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kemenpan-RB. Senang sekali kami dapat menerima kunjungan dari calon penerus bangsa,” jelasnya.

Kunjungan Studi Orientasi ke Universitas Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pada kegiatan serupa di Kampus Putih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, para siswa dikenalkan dengan lingkungan pembelajaran dan lingkungan kampus. Selain itu mereka juga mendapatkan sosialisasi fakultas dan jurusan yang terdapat di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta beserta tata cara Penerimaan Mahasiswa Baru.* (yus/sar)

Bagikan :
Translate »