Pengajian Umum dan Bakti Sosial Pokjaluh Kab. Purbalingga Ke – 15 di Kecamatan Karangreja Kab. Purbalingga Tahun 1437 H / 2016 M

Purbalingga- 

Pagi itu sekitar pukul 07.30 wib hari Selasa, 14 Jum. Ula 1437 H / 23 Pebruari 2016 M dengan disambut oleh iringan musik Qasidah dari Grup Qasidah Fatayat Ranting Desa Siwarak, kaum muslimin – muslimat desa Siwarak dan desa sekitarnya berduyun-duyun menghadiri dan merapat ke sekitar panggung tempat kegiatan Pengajian Umum dan Bakti Sosial Pokjaluh Kankemenag Kabupaten Purbalingga. Kegiatan yang ke -15 kali ini digelar di komplek wisata Gua Lawa tepatnya di halaman TPQ Miftahul Ulum Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga.

Dalam kegiatan tersebut Kelmpok Kerja Penyuluh Agama Islam (Pokjaluh) Kankemenag Kabupaten Purbalingga melibatkan Baznas, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Kelompok Kerja Penghulu (Pokjahulu), Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Karangreja, dan Muslimat/Fatayat Ranting Desa Siwarak untuk bersama menebar manfaat untuk umat.

Apresiasi diberikan oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Purbalingga H. Rochiman, S. Ag., MH. dalam sambutannya, dan berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan. “ Mudah-mudahan kedepan kegiatan seperti ini dapat di-istiqomahkan, karena kegiatan ini merangkum dua model dakwah sekaligus, yakni dakwah dengan perkataan (bil lisan) dan dakwah dengan perbuatan/harta (bil hal/mal) “  tuturnya.

Selain Kakankemenag, hadir pula Kasi Bimas Islam, Penyelenggara Binsyar Kankemenag, dan Pengurus Baznas Kabupaten Purbalingga yang diketuai oleh H. Imam Subiyakto, S, Sos., MSi, serta jajaran Muspika Karangreja. Pada kesempatan itu, Ketua Baznas mensosialisasikan kepada masyarakat wilayah Kecamatan Karangreja tentang apa, dan untuk apa Baznas itu dibentuk. 

Udara sejuk daerah pegunungan Desa Siwarak menambah hidmat para pengunjung dalam mengikuti tausiyah yang diberikan oleh pembicara. Sebagai pembicara, pengasuh Ponpes Nurul Huda, Desa Kaliori Kecamatan Karanganyar, Kyai Nur Hamid mengajak warga masyarakat untuk berlomba-lomba berzakat. Sebab, zakat itu akan menjadi pembersih harta dan pembersih hati “Sekarang masih banyak yang menerima zakat dibanding yang memberi. Mumpung masih banyak yang menerima, ayo kita berlomba berzakat. Sebab suatu saat nanti, ada masanya orang tidak membutuhkan pemberian orang karena merasa sudah punya,” katanya dalam tausiahnya.

Menurut Khikam Aziz selaku Ketua Pokjaluh, kegiatan ini bertujuan selain untuk menumbuhkembangkan keshalihan individu dan keshalihan sosial juga untuk mensosialisasikan visi misi Kankemenag, Baznas, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga. Lebih lanjut ia mengatakan “ Pada kegiatan ini disamping diberikan siraman rohani juga diberikan siraman jasmani/materi berupa bantuan sosial berupa seratus paket sembako sejumlah Rp 10 juta, rehab sepuluh rumah Rp 35 juta, beasiswa lima siswa SMP Rp 2,7 juta, beasiswa dua siswa SMA Rp 1,56 juta, 20 mushaf Alquran Rp 500 ribu dan seratus Juz Amma Rp 1,5 juta dengan total Rp 51,26 juta “. Acara kemudian diakhiri dengan ramah tamah.

Bagikan :
Translate »