Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga

Refleksi Pelayanan KUA Kekinian

Edisi 43, oleh Said Ali Setiyawan (CPNS Penghulu KUA Karanganyar)

Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan unit kerja di bawah naungan Kementerian Agama yang menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan keagamaan di tingkat kecamatan. Keberadaan KUA sangat dekat dengan masyarakat karena perannya tidak hanya sebatas urusan administrasi, tetapi juga menyentuh aspek sosial, pembinaan, serta pemberdayaan umat beragama.

Dengan peran strategis tersebut, KUA dituntut untuk mampu menghadirkan diri sebagai rumah bersama. Sebuah tempat yang memberi rasa aman, nyaman, serta manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat. KUA harus mampu menghadirkan pelayanan yang prima, inovatif, dan adaptif terhadap kebutuhan umat di era kekinian.

Refleksi pelayanan KUA kekinian

Sebagai bentuk komitmen, KUA Kecamatan Karanganyar meluncurkan sejumlah program strategis. Program yang bertujuan memperkuat tugas dan fungsi kelembagaan, sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat. Program-program tersebut antara lain:

  1. Jumat Berakar (Jumat Berkah KUA Karanganyar)

Sebuah inisiatif berbagi kebaikan setiap Jumat. Program ini adalah manifestasi konkret dari upaya KUA untuk menjadikan agama sebagai fondasi dalam menjaga kelestarian alam. KUA Karanganyar memberikan bibit pohon bagi lima penggunan pertama pada hari itu. Pohon yang tumbuh diharapkan menjadi amal jariyah (pahala yang terus mengalir) bagi penerima dan mengubah kunjungan KUA menjadi momen penanaman kebaikan yang hasilnya dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

  1. Jassa (Jalan Sehat Sapa Warga)

Program olahraga bersama yang dikemas dengan interaksi langsung dengan masyarakat. Kegiatan ini menjadi sharing informasi berbagai program KUA dan mendekatkan KUA di tengah Masyarakat. KUA Karanganya juga berkolaborasi dengan stake holder yang lain sehingga menciptakan kerja sama yang efektif dalam melayani masyarakat. Program ini adalah manifestasi konkret dari upaya KUA untuk menjadikan agama sebagai perekat silatruahim dan pelayan umat.

  1. Jumpa (Jumatan dan Pembinaan Agama)

Dilaksanakan dengan mendatangi masjid yang terletak di wilayah KUA Karanganyar. Team KUA Karanganyar memberikan bimbingan agama setelahnya. Berdiskusi secara langsung tentang problematika umat dan kemajuan masjid. Ditambahkan dengan memberikan dukungan berupa wakaf Al-Qur’an untuk mengembangkan minat baca AL-Qur’an jamaah masjid tersebut.  

  1. Berlian (Bersih Lingkungan Asri dan Nyaman)

Gerakan peduli kebersihan lingkungan dilakukan oleh seluruh pegawai KUA. Pada pagi hari seluruh ASN KUA Karanganyar sudah siap melakukan kegiatan ini. Seluruh bagian dan ruangan di KUA Karanganyar dibersihkan secara menyeluruh dan teliti. Program ini mendorong kesadaran kebersihan bagi ASN KUA Karanganyar. Diharapkan juga, memberikan kenyaman  kepada para pengguna layanan KUA Karanganyar. 

Melalui empat program Jumat unggulan tersebut, KUA Karanganyar berupaya konsisten menghadirkan pelayanan prima dan memperkuat silaturahim. Dengan demikian dapat memaksimalkan fungsi keagamaan dan sosial di tengah masyarakat. Sejauh ini, program ini efektif dan berhasil dilakukan dalam rangka memberikan pelayan prima kepada masyarakat.  Berdasarkan survey kepuasan pelayanan masyarakat di wilayah KUA Karanganyar dengan skor sempurna.

Sebagai bentuk apresiasi, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Zahid Khasani memberiaan piagam penghargaan penghargaan KUA Karanganyar sebagai KUA Pelopor Layanan Prima Periode Juli-September 2025. Hal ini menjadi pengingat sekaligus motivasi bagi KUA Karanganyar untuk senatiasa memberikan pelayan prima dan inovasi yang berkelanjutan.

Lebih jauh, program-program ini diharapkan dapat berkontribusi nyata terhadap pencapaian Asta Protas Kementerian Agama—delapan program prioritas Kemenag yang berdampak langsung pada masyarakat. Dengan menjadikan KUA sebagai rumah bersama, maka visi Kementerian Agama untuk menghadirkan pelayanan yang inklusif, berkualitas, dan berdaya guna dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh umat.

Refleksi pelayanan KUA kekinian ini menjadi momentum penting bagi seluruh jajaran KUA, khususnya di Karanganyar, untuk terus berbenah, berinovasi, dan memperkuat kehadiran di tengah masyarakat. Harapannya, KUA bukan hanya menjadi lembaga administratif semata, tetapi juga rumah yang menghadirkan kedamaian, kebersamaan, serta keberkahan bagi semua.

Post Relate

Translate »
Open chat
Hubungi Kami
Kemenag Purbalingga
Hallo 👋
Apakah ada yang bisa saya bantu?
Skip to content