Niam Syamil Auliya Pecatur Kecil Purbalingga Berlaga di Tingkat Jateng

Purbalingga– Bertempat di Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Purbalingga, Niam Syamil Auliya Kelas 7 A MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari, Kabupaten Purbalingga mengikuti Kejuaraan Catur tingkat Provinsi (Kejurprov) Catur Online Kilat D dan Cepat D Putra yang diadakan oleh Pengurus Pesatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Jateng, Sabtu – Minggu, (19 – 20/2021).

Artanti Laili Zulaiha, ibu Niam Syamil Auliya mengatakan anaknya bukan kali ini saja mengikuti turnamen catur, baik mewakili sekolah maupun turnamen catur secara umum. Beberapa kejuaraan yang pernah diraihnya antara lain, Juara 1 Pekan Olah Raga dan Sains Ma’arif (Porsema) Tingkat Kabupaten Purbalingga 2019, juara 2 Pekan Olah Raga dan Sains Ma’arif (Porsema) Tingkat Provinsi Jateng 2019, juara 3 Kejuaraan Catur Terbuka Tingkat Kabupaten Tegal, juara 1 Kejuaraan Percasi Kabupaten Purbalingga 2020.
“Pencapaian juara di sejumlah turnamen tersebut justru saat Niam masih duduk di bangku MI Ma’arif NU 01 Kajongan. Sekarang sudah kalas 7 MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari,” katanya.

Menurut wanita yang aktif di kepengurusan PC Fatayat NU Kabupaten Purbalingga ini, Niam sejak masih duduk di bangku MI sudah disekolahkan di beberapa sekolah catur, diantaranya, VA Chess Sokaraja, dengan pelatih IM Muhammad Lutfi Ali, Dwi Kurnia Pravitasari, Yudistira Tresna Nugraha dan juga belajar di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), dengan pelatih, WIM Lisa Lumondong, IM Taufik Halay dan IM Anjas Novita.
“Dia suka bermain catur sebenarnya sejak umur 3 tahun. Karena terlihat berbakat maka sejak 2019 kami sekolahkan catur,” jelasnya.

Upaya lain untuk menambah pengetahuan tentang catur anak pertama pasangan Misbakhudin dan Artanti Laili Zulaiha ini beberapa bulan lalu juga mengikuti Coaching Clinik PB Percasi selama sebulan secara online.
“Pelatihnya WGM Irine Kharisma Sukandar dan GM Thomas Luther dari Jerman,” ungkap wanita yang juga beraktifitas sebagai Penyuluh Agama Islam di Kecamatan Bojongsari.

Dalam mengikuti Kejuaraan Catur tingkat Provinsi (Kejurprov) Catur Online Kilat D dan Cepat D Putra, Artanti Laili Zulaiha berharap Niam yang saat ini sebagai santri di PP Raudlatul Mukjizat Desa Pekalongan dibawah pengasuh Kyai Umi Maktum, bisa menjadi juara.
“Kami berdo’a dan berharap pada turnamen kali ini anaku bisa kembali menjadi juara. Tinggal menunggu keputusan juri,” pungkasnya.

Niam Syamil Auliya adalah anak pertama dari 3 bersaudara pasangan Misbakhudin, Kepala MI Ma’arif NU 1 Kajongan, Kecamatan Bojòngsari. dan Artanti Laili Zulaiha, Wakil Ketua 4 PC Fatayat NU Kabupaten Purbalingga.

srilestari

Bagikan :
Translate ยป