Awal Tahun Pelajaran MTsN 1 Purbalingga Gelar Matsama KEREN

 

Purbalingga – Sebagai tindak lanjut dari Permendikbud No.16 tahun 2018 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor B-1829 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2021/2022 danprogram tahunan MTs Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2021/2022, MTs Negeri 1 Purbalingga (Matsabangga) menggelar kegiatan Matsama (Masa Taaruf Siswa Madrasah) secara virtual selama 3 hari Senin (12/7/2021) sampai dengan Rabu (14/7/2021).

Plt. Kepala MTsN 1 Purbalingga Sangidurohman dalam keterangannya Rabu (14/7/2021) menjelaskan, kegiatan tersebut diikuti oleh 328 peserta didik baru.

“Tema kali ini adalah Matsama KEREN akronim dari KrEatif, Religius, cErdas, iNovatif. Ini bisa diartikan sebagai doa dan harapan kepada peserta didik baru terutama di era pandemi yang penuh keterbatasan. Adapun output dari kegiatan ini yaitu membudayakan untuk berpikir cerdas, bertindak kreatif dan inofatif dengan dilandasi nilai-nilai agama,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan Matsama yang dilaksanakan secara virtual tersebut diikuti para peserta sejak pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Ketua Panitia Matsama Azwar Usman menjelaskan, kegiatan Matsama diawali dengan sambutan Kepala Madrasah dengan materi profil madrasah. Sedangkan materi lainnya yang disampaikan antara lain moderasi beragama, kesetaraan dan anti diskriminasi serta penggalian bakat minat. Kegiatan diakhiri dengan kegiatan post test dan ditutup oleh Kepala TU Sahlan.

“Di penghujung kegiatan ada pembagian hadiah berupa pulsa bagi siswa yang aktif dan siswa yang meraih nilai post test tertinggi untuk masing-masing kelas,” jelasnya.

Azwar menambahkan, khusus pada tahun ini sebelum menggelar kegiatan panitia membuat twibbons Matsama KEREN dan twibbons Saya Siap Mengikuti Matsama.

Salah satu peserta Aisyah Maryam Nurkasanah menuturkan bahwa ia merasa senang dengan kegiatan Matasama tersebut. Karena menurutnya, selain mendapatkan teman baru ia juga meraih nilai post test yang tinggi. *(abas/sar)

Bagikan :
Translate ยป