Sosialisasi Penyusunan SKP dan PAK di MAN Purbalingga Hadirkan Kabid Pendidikan Madrasah

Dari kiri: Kasi Penma Sudiono, Kabid Penma H. A. Saifulloh, Kepala Kankemenag Purbalingga H. Karsono dan Kepala MAN Purbalingga H.M. Alwi.

Purbalingga – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga bersama-sama dengan Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKKM) MA, MTs, dan MI serta KKKRA Kabupaten Purbalingga mengadakan Sosialisasi Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan Penilaian Angka Kredit (PAK) bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purbalingga, Jumat (21/1/2022). Kegiatan yang diikuti 80 peserta tersebut menghadirkan narasumber utama, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Tengah H. A. Saifulloh.

Ketua Panitia Solahuddin dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut diikuti oleh 80 orang peserta terdiri dari para Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah Negeri (MIN/MTsN/MAN), perwkilan Kepala Madrasah swasta yang terhimpun dalam KKKM MA/MTs/MI dan KKKRA Kabupaten Purbalingga serta perwakilan guru PNS dari masing-masing jenjang. Selain Kepala Kankemenag Purbalingga H. Karsono, hadir Kasi Pendidikan Madrasah Sudiono dan Analis Kepegawaian Lina Parwati.

“Kegiatan ini dilaksankan agar para  ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga baik di tingkat RA, MI, MTs maupun MA memahami proses pembuatan SKP dengan versi terbaru dan jumlah angka kredit yang diperlukan untuk setiap kenaikan pangkat,” jelasnya.

Kepala Kankemenag Purbalingga H. Karsono dalam sambutan pembukaannya mengapresiasi kerja keras panitia penyelenggara. Selain itu ia mengharapkan agar pembuatan SKP bagi para guru dan pegawai dapat diselesaikan pada akhir Januari 2022.

“Harapan saya sasaran kinerja yang dibuat dapat sesuai dengan realisasi capaian. Sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam penilaian dan penandatanganan SKP,” jelasnya.

Terkait hasil survei layanan publik Kankemenag Purbalingga yang dirilis mencapai angka 99,75% pada jawaban sangat memuaskan, Kakankemenag Karsono menginginkan agar setiap madrasah dapat melakukan survey serupa.

“Survei layanan pubik bertujuan untuk mengevaluasi diri sendiri – dalam hal ini adalah madrasah,  agar madrasah dapat mengetahui respon masyarakat terhadap madrasah. Di era keterbukaan publik ini madrasah dapat meningkatkan layanannya melalui website madrasah aagr para orang tua dapat mengetahui perkembangan dan hasiil belajar putra – putri mereka,” tandasnya.

Kabid Pendidikan Madrasah H.A.Saifulloh menyampaikan pemaparan materi pada kegiatan Sosialisasi SKP dan PAK di MAN Purbalingga.

SKP Baru

Kabid Pendidikan Madrasah H. A. Saifulloh selaku narasumber dalam kesempatan tersebut menyampaikan tata cara pengisian SKP baru dengan konversi nilai yang lebih tinggi dari SKP lama. Selain itu juga menyampaikan beberapa perubahan yang ada pada SKP baru.

Selain itu juga dijelaskan tentang jumlah angka kredit yang diperlukan oleh masing-masing ASN PNS yang akan mengajukan usul kenaikan pangkat. Apa saja yang harus disiapkan setiap tahunnya sehingga pada saatnya 4 tahun kemudian bisa menjalani kenaikan pangkat tanpa kendala.* (yus_ari/sar)

Bagikan :
Translate »