Layanan Publik

Standar Pelayanan

Nama fIle
Inovasi-Standar-Pelayanan.pdf
Jenis file
PDF
Page
13
Ukuran file
539 KB

Informasi dan Syarat Layanan

1. Layanan Subbag TU

Umum

Subbag TU (UMUM)
โ€œBANDUNG BANDAWASAโ€
SIAP BANTU DAN DUKUNG, RELA BERKORBAN WANI REKASA

Syarat dan Jenis Pelayanan PTSP

Contact
Telp Kantor 0281-891086
Koordinator Udiworo Haryanto

Humas
Sarwono
Sri Lestaari

Kepegawaian

โ€œNGEK JELโ€
NGAJENI, GAMBLANG, EMAT,KOMUNIKATIF, JUJUR, EMPATI DAN LUWES

Syarat dan Jenis Pelayanan :
Kenaikan Pangkat
Mutasi
Ijin Belajar
Perubahan data keluarga

Perihal Permohonan Cuti Formulir Permohonan dapat diunduh disini

Keuangan

Jenis Pelayanan :
Penambahan Anggota Keluarga/Perubahan Tunjangan Keluargaโ€จ
Syarat :

  1. Akta Lahir
  2. Kartu Keluarga
    nb :
    Bagi anak yang sudah masuk usia kuliah untuk melakukan pembaruan surat keterangan kuliah setiap tahun dari universitasโ€จ
  3. Permohonan Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran Bagi PNS Pensiun berupa Surat Keterangan Pensiun dari BKN
  4. Permohonan Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran Bagi PNS atau Non PNS Mutasi keluar wilayah Pembayaran atau SATKER Lain berupa :
    – Surat Permohonan Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran dari Yang bersangkutan
    – Surat Tugas
    – FC Surat mutasi
    – SK
  5. Surat Permohonan Perincian Gaji untuk keperluan Kuliah berupa Surat Keterangan Kuliah dari Universitas

Perihal Surat Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Petikan dapat diunduh disini

2. Jenis Layanan Seksi Bimbingan Masyarakat Islam

Jenis Pelayanan

Contact
Muslimin
Sutrisno

3. Layanan Penyelenggara Zakat dan Wakaf

Jenis Pelayanan

Info Lebih Lanjut Lagi Hubungi:

4. Layanan Seksi Pendidikan Madrasah

Syarat dan Jenis Pelayanan

Permohonan Penggantian Ijazah:

  • Formulir Permohonan
  • Surat Kuasa Permohonan Penerbitan SKP Ijazah Karena Hilang/Kesalahan Penulisan/Kerusakan (Bagi pemohon bukan pemilik Ijazah)
  • SPMT ( Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak )
  • Surat Pernyataan Saksi (bagi pemohon SKP Ijazah karena hilang)
  • Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB Karena Hilang (Madrasah Masih Beroperasi)
  • Pas Foto ukuran 3ร—4 sebanyak 2 lembar

Kesalahan Penulisan Ijazah:

  • Formulir Permohonan Penerbitan Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah
  • Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (bagi Pemohon Penerbitan SKP Ijazah Karena Kesalahan Penulisan Ijazah/STTB)
  • Surat Kuasa Permohonan Penerbitan SKP Ijazah Karena Hilang/Kesalahan Penulisan/Kerusakan (Bagi pemohon bukan pemilik Ijazah)
  • Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah/STTB (Madrasah Masih Beroperasi)

ย Kumpulan SK Dirjen Tentang NRG

Pengajuan Ijin Operasional Madrasah Baru

Info Lebih Lanjut Lagi Hubungi:

5. Layanan Seksi PAIS

Syarat dan Jenis Pelayanan

Pendaftaran aplikasi Siaga secara Online:

  • Guru PAI mempnyai email aktif
  • File SK PNS (bagi PNS) asli ukuran 200 kb, sedangkan Guru Non PNS menggunakan SK asli Sekolah/Komite/Yayasan
  • Kartu Keluarga
  • Nomor HP Aktif

Prosedur:

  • Masuk Ke Alamat web ย 
  • Masuk ke menu pendaftaran SIAGA
  • Lengkapi Form isianpendaftaran sesuai dengan data pendidik PAI
  • Upload file SK yang telah di scan dalam format pdf ukuran 200 kb
  • Upload file KK yang telah di scan dalam bentuk format pdf ukuran 200 kb
  • Pastikan semua data isian telah lengkap dan benar, lalu klik kirim
  • Pendaftaran akun Pendidik PAI selanjutnya akan diteliti dan diverifikasi oleh adminSIAGA pada Seksi Pendidikanย  Agama Islam Kankemenag Kab. Purbalingga
  • Akun SIAGA yang sudah diverifikasi oleh admin selanjtnya dapat melakukan pengisian dan pemutakhiran data SIAGA melalui menu login SIAGA

Pendaftaran aplikasi EMIS PAI secara Online:

  • Guru PAI mempunyai email aktif
  • File SK PNS (bagi PNS) asli ukuran 200 kb, sedangkan Guru Non PNS menggunakanSK asli Sekolah/Komite/Yayasan
  • Kartu Keluarga
  • Nomor HP Aktif

Prosedur:

  • Masuk ke alamat web/klik langsungย 
  • Masuk ke menu pendaftaran EMIS PAI
  • Lengkapi form isian pendaftaran sesuai dengan data pendidik PAI
  • Upload file SK yang telah di scan dalam format pdf
  • Upload file KK yang telah di scan dalam bentuk format pdf ukuran 200 kb
  • Pastikan semua data isian telah lengkap dan benar, lalu klik kirim
  • Pendaftaran akun Pendidik PAI selanjutnya akan diteliti dan diverifikasi oleh admin EMIS pada Seksi Pendidikanย  Agama Islam Kankemenag Kab. Purbalingga
  • Akun EMIS yang sudah diverifikasi oleh admin selanjtnya dapat melakukan pengisian dan pemutakhiran data EMIS melalui menu login EMIS

6. Jenis Layanan Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren

Alur pengajuan permohonan rekomendasi melanjutkan kuliah/modok luar negeri

  • Pemohon datang ke PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga ย ย dengan membawa Surat Permohonan Rekomendasi Melanjutkan Kuliah ย Pondok Pesantren Asal
  • Apabila persyaratan lengkap maka segera diproses pembuatan Surat Rekomendsi, bila tidak lengkap petugas akan memberitahu kekurangannya
  • Surat Rekomendasi diserhkan ke pemohon

Alur pengajuan permohonan keberadaan pesantren

Pengajuan pendaftaran pesantren wajib dilakukan dengan 2 ( dua ) prosedur :

I. Secara Tertulis (Dokumen Fisik) :
Pemohon datang ke PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dengan membawa Surat Permohonan, dengan dilampiri :

  1. Struktur Organisasi Pesantren
  2. Data Tenaga Pendidik
  3. Data Tenaga Kependidikan
  4. Data Santri ( minimal 15 santri )
  5. Data Kurikulum
  6. Daftar Kitab Kuning
  7. Asli Formulir Izin Pengajuan Terdaftar Pesantren
  8. Asli Surat Pernyataan
  9. Asli Surat Pernyataan Domisili Dari Kepala Desa
  10. Salinan Akta Notaris Yayasan
  11. Salinan SK Kemenkumham Pengesahan Pendirian Badan Hukum Yayasan
  12. Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak Yayasan
  13. Salinan Kartu Tanda Penduduk ( KTP )
  14. Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) Jika Ada
  15. Salinan Akta Notaris Organisasi Perkumpulan/AD ART Ormas Islam
  16. Salinan SK Kemenkumham Pengesahan Pendirian Badan Hukum Ormas
  17. Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) Badan Hukum Ormas
  18. Salinan Bukti Kepemilikan Bukti Tanah Milik /Wakaf
  19. Salinan Cover Sertifikat Hak Milik ( SHM )
  20. Dokumentasi Papan Nama Pesantren
  21. Dokumentasi Asrama
  22. Dokumentasi Masjid/Musholla
  23. Dokumentasi Ruang Belajar
  24. Dokumentasi Aktifitas Pembelajaran Kitab Kuning
  25. Dokumentasi Denah Pesantren
  26. Dokumentasi Dapur
  27. Dokumentasi MCK

II. Secara alur data berbasis elektronik atau online:

  1. Buka laman https ://ditpdpontren.kemenag.go.id/daftar keberadaan pesantren ย ย ย ย ย ย ย dengan memilih menu โ€œRegistrasiโ€œ pada halaman beranda, serta melampirkan ย ย ย softcopy ย seluruh Dokumenย Kelengkapan ย Pendaftaran ย ย Keberadaan ย Pesantren ย serta ย melengkapi ย ย beberapa formulir ย ย isian dalam aplikasi
  2. Kepala Kantor Kementerian Agamaย melakukan pemeriksaanย kelengkapan dokumen fisik/hardcopy dan softcopy/file pada akun Kantor Kementerian Agama dalam jangka waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak permohonan diterima.
  3. Dalam hal berdasarkan hasil pemeriksaan dokumen permohonan pendaftaranย keberadaan Pesantren ย dinyatakan ย tidak lengkap, ย Kepala ย Kantor ย Kementerian ย Agama ย menyampaikan pemberitahuan disertai dengan alasan kepada pemohon untuk melengkapi dokumen dalam jangka waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja terhitung ย sejak ย pemberitahuan disampaikan melalui akun Kantor Kementerian Agama.
  4. Pemohon mendapatkan pemberitahuan Kantor Kementerian Agama melalui akun Pesantren, dan melengkapi kekuranglengkapan dokumen yang dimaksud.
  5. Dalam hal pemohon tidakย melengkapi dokumenย permohonan pendaftaranย keberadaan Pesantren ย dalam ย jangka ย waktu ย yang ย ditentukan, ย permohonan pendaftaran keberadaan Pesantren ย dianggap ย ditarik ย kembali.
  6. Dalam ย hal ย hasil ย pemeriksaan ย dokumen ย permohonan ย pendaftaran ย keberadaan Pesantren dinyatakan lengkap, ย Kepala Kantor Kementerian Agama ย melakukan ย verifikasi keabsahan dokumen ย dan/atau ย visitasi ย lapangan.
  7. Verifikasi keabsahan dan/atau visitasi lapangan dilakukan oleh petugas verifikasi dan visitasi lapangan, yaitu pejabat atau unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) unit kerja pada Kantor Kementerian Agama yang memiliki tugas dan tanggungjawab atas pembinaan Pesantren.
  8. Apabila di pandang perlu, Kepala Kantor Kementerian Agama dapat menunjuk Kepala Kantor Urusan ย Agama ย (KUA) ย setempat ย sesuai ย kedudukan ย (domisili) ย Pesantren ย pemohon sebagai petugas ย verifikasi ย dan ย visitasi ย lapangan, ย untuk ย melakukan ย verifikasi ย dan ย visitasi lapangan permohonan ย pendaftaran ย keberadaan ย Pesantren, ย untuk ย selanjutnya disampaikan ย kepada Kepala Kantor Kementerian Agama dalam bentuk rekomendasi.
  9. Dalamย halย berdasarkan ย hasil ย verifikasi ย keabsahan ย dokumen ย dan/atau visitasiย ย ย lapangan ditemukan ย bukti ย ketidaksesuaian ย dengan ย dokumen permohonan pendaftaran keberadaan Pesantren ย yang disampaikan, ย Kepala Kantor Kementerian ย Agama ย ย menolak ย ย ย permohonan disertai dengan ย alasan ย tertulis, dan ย disampaikan ย kepada ย pemohon ย melalui ย akun Kantor Kementerian Agama.
  10. Dalam halย berdasarkan ย hasil ย verifikasi ย keabsahan ย dokumen ย dan/atau ย visitasi ย ย lapangan ditemukanย buktiย kesesuaianย dengan dokumen permohonanย pendaftaranย keberadaan Pesantren yang disampaikan, Kepala Kantor Kementerian Agama menerbitkan rekomendasi kepada Kepala Kantor Wilayah dalam jangka waktu paling lama 7 (tujuh) hari kerja terhitung sejak hasil verifikasi keabsahan dokumen dan/atau visitasi lapangan diterima, dengan meng-upload rekomendasi pada akun Kantor Kementerian Agama.
  11. Kepala ย ย Kantor ย ย Wilayah ย ย melakukan ย ย penelaahan ย atas ย rekomendasi ย melalui ย akun Kantor Wilayah.
  12. Dalam ย hal ย berdasarkan ย hasil ย verifikasi ย keabsahan ย dokumen ย ย dan/atau ย visitasi lapangan ditemukan ย bukti ย ketidaksesuaian ย dengan ย dokumen ย permohonan pendaftaran keberadaan Pesantren ย yang ย disampaikan, Kepala Kantor Wilayah menolak permohonan disertai dengan alasan tertulis melalui Akun Kantor Wilayah. Pemberitahuan penolakan bisa ditujukan kepada Akun Kantor Kementerian Agama atau langsung kepada Akun Pesantren.
  13. Dalam hal berdasarkan ย hasil ย verifikasi ย keabsahan ย dokumen ย dan/atau visitasi lapangan ditemukan ย ย ย bukti ย kesesuaian ย ย dengan ย ย dokumen ย ย permohonan ย pendaftaran ย keberadaan Pesantren ย yang ย disampaikan, ย Kepala ย Kantor ย Wilayah ย meneruskan ย rekomendasiย kepada Menteri ย ย melalui ย Direktur ย Jenderal dalam ย jangka ย waktu ย paling ย lama 3 (tiga)ย hariย kerja terhitung sejak rekomendasi diterima melalui Akun Kantor Wilayah.
  14. Direktur Jenderal melakukan penelaahan atas rekomendasi melalui Akun Pusat.
  15. Dalam ย hal ย berdasarkan ย hasil ย verifikasi ย keabsahan ย dokumen dan/atau ย visitasi ย ย lapangan ditemukan ย bukti ย ketidaksesuaian dengan dokumen permohonan pendaftaran keberadaan Pesantren ย yang ย disampaikan, ย Direktur ย Jenderal ย menolak permohonan ย disertai ย ย ย dengan alasan ย ย tertulis melalui Akun Pusat. Pemberitahuan penolakan bisa ditujukan kepada Akun Kantor Wilayah, Akun Kantor Kementerian Agama atau langsung kepada Akun Pesantren.
  16. Dalam ย hal ย berdasarkan ย hasil ย verifikasi ย keabsahan ย dokumen ย dan/atau ย visitasi lapangan ditemukan ย bukti ย kesesuaian ย dengan ย dokumen ย permohonan ย pendaftaran ย ย ย keberadaan Pesantren ย yang ย disampaikan, ย Direktur ย Jenderal ย atas ย nama ย Menteri ย memberikan ย ย ย izin terdaftar bagi Pesantren yang memperoleh rekomendasi dari Kepala Kantor Wilayah dalam bentuk Keputusan Penetapan Nomor Statistik Pesantren (NSP) serta Piagam Statistik Pesantren (PSP) dan diupload melalui Akun Pusat.
  17. Surat Keputusan Penetapan Nomor Statistik Pesantren ( NSP ) serta Piagam Statistik Pesantren ( PSP ) sebagai dasar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menerbitkan Ijin Terdaftar Pesantren

Alur pengajuan ijin operasional MDT

  1. Pemohon datang ke PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten ย Purbalingga ย dengan membawaย ย Permohonan/Proposal Pengajuan yang berisiย :
    – Surat Permohonan Pendaftaran yang diketahui oleh Kepala Desa, Ketua FKDT Kecamatan , Kepala KUA Kecamatan
    – Profil Lembaga
    – Foto Copy Akta yayasan
    – Foto Kopi syah – SK Struktur Organisasi /Yayasan
    – Foto Kopi KTP Pengurus
    – Rekomendasi dari KUA Kecamatan setempat
  2. Tim ย Verifikasi ย melakukan ย ย verifikasi ย ย dokumen ย ย proposal ย ย Pendaftaran ย MDT ย ย dan memberikan masukan kepada pemohon jika ada kekurangan-kekurangan.
  3. Apabila persyaratan lengkap Tim Vrifikasi melakukan verifikasi lapangan dan meberikan penilain kelayakan atau tidak
  4. Berdasarkan ย penilaian kelayakan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama ย Kabupaten Purbalingga menugaskan Kasi PD Pontren mengadakan rapat pertimbangan pemberian Tanda Daftar MDT yang melibatkan Tim Verifikasi
  5. Kepala Seksi PD Pontren melaporkan hasil rapat pertimbangan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  6. Berdasarkan hasil rapat pertimbangan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menetapkan keputusan layak atau tidaknuntuk diberikan Tanda Daftar MDT
  7. Kepala Seksi PD Pontren menyampaikan Asli keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dan Asli piagam Tanda Daftar MDT kepada organisasi calon penyelenggara dan menyimpan salinannya.

Alur pengajuan ijin operasional LPQ

  1. Pemohon datang ke PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten ย Purbalingga ย dengan membawaย ย Permohonan/Proposal Pengajuan yang berisiย :
    – Surat Permohonan Pendaftaran yang diketahui oleh Kepala Desa, Ketua Badko LPQ Kecamatan, Kepala KUA Kecamatan
    –ย  Profil Lembaga
    –ย  Foto Copy Akta yayasan
    – Foto Kopi syah SK Struktur Organisasi /Yayasan
    – Foto Kopi KTP Pengurus
    – Rekomendasi dari KUA Kecamatan setempat
  2. Tim Verifikasi melakukan verifikasi dokumen proposal Pendaftaran Satuan LPQ dan memberikan masukan kepada pemohon jika ada kekurangan-kekurangan.
  3. Apabila persyaratan lengkap Tim Vrifikasi melakukan verifikasi lapangan dan meberikan penilain kelayakan atau tidak
  4. Berdasarkan penilaian kelayakan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menugaskan Kasi PD Pontren mengadakan rapat pertimbangan pemberian Tanda Daftar LPQ yang melibatkan Tim Verifikasi
  5. Kepala Seksi PD Pontren melaporkan hasil rapat pertimbangan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  6. Berdasarkan hasil rapat pertimbangan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menetapkan keputusan layak atau tidaknuntuk diberikan Tanda Daftar LPQ
  7. Kepala Seksi PD Pontren menyampaikan Asli keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dan Asli piagam Tanda Daftar LPQ kepada organisasi calon penyelenggara dan menyimpan salinannya.

Alur pengajuan permohonan rekomendasi melanjutkan kuliah/mondok keluar negeri

  1. Pemohon datang ke PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dengan membawa Surat Permohonan Rekomendasi Melanjutkan Kuliah ย Pondok Pesantren Asal
  2. Apabila persyaratan lengkap maka segera diproses pembuatan Surat Rekomendsi, bila tidak lengkap petugas akan memberitahu kekurangannya
  3. Surat Rekomendasi diserhkan ke pemohon

Alur pengajuan permohonan rekomendasi bantuan lembaga keamanan Kabupaten Purbalingga

  1. Pemohon datang ke PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dengan membawaย Surat Permohonan Rekomendasi Bantuan dengan dilampiri proposal, yang memuat :
    – Identitas Lembaga
    – Jenis Bantuan
    – Susunan Pengurus
    – copy Ijin Operasional Lembaga
    – RAB
    – Fotocopy NPWP an Lembaga
    – Fotocopy Rekening an Lembaga
    – Rekomendasi dari KUA
    – Akta Notaris ( jika ada )
    – SK Kemenhumham ( Ponpes )
  2. Jika persyaratan kurang lengkap admin akan memberitahu kekurangannya
  3. Jika persyaratan lengkap admin akan memproses pembuatan Surat Rekomendasi

7. Jenis Layanan Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh

I. Pendaftaran Haji

  • Pendaftaran menerima informasi persyaratan dari petugas/media online
  • Pendaftar datang ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga (Ruang PTSP) dengan membawa berkas Persyaratan
  • Pendaftaran Mengambil Nomor antrian di Ruang PTSP
  • Petugas memanggil pendaftar sesuai dengan nomor urut antrian
  • Pendaftar menyerahkan berkas pendaftaran ke
  • petugas loket
    Petugas loket memverifikasi kebenaran data berkas persyaratan pendaftaran
  • Berkas akan dikembalikan ke pendaftar apabila data masih belum benar
  • Berkas akan diserahkan ke petugas bank yang berada di ruang PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga untuk dilakukan proses Validasi dg setoran uang Rp. 25.000.000,- oleh pendaftar haji
  • Bank Penerima Setoran (BPS) melakukan proses validasi BPIH
  • Petugas Bank menyerahkan berkas pendaftaran beserta validasi bank ke petugas loket pendaftaran haji
  • Petugas pendaftaran haji pada loket PTSP melakukan input data pada aplikassi SISKOHAT dan merekam foto biometrik pendaftar
  • Petugas pendaftaran haji meminta tandatangan ke Pejabat penandatangan SPPH secara elektronik
  • SPPH yang sudah ditandatangani Pejabat penandatangan SPPH dicetak untuk dilakukan scan dan juga diserahkan ke pendaftar
  • Petugas pendaftaran melakukan scan dokumen pendaftar haji dalam bentuk pdf
  • Petugas pendaftaran melakukan upload file dokumen pendaftaran haji ke Aplikasi SISKOHAT
  • Petugas pendaftaran mengarsipkan berkas dokumen pendaftaran haji ke ruang Arsip Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

II. Rekomendasi Paspor
Online :

  • Pemohon menerima informasi persyaratan dari petugas/media online
  • Pemohon Masuk ke laman web aplikasi pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga SICAKAP
  • Masuk ke menu layanan pada aplikasi SICAKAP untuk memilih jenis pelayanan yang akan dilakukan
  • Pemohon mengisi form pada link jenis pelayanan yang telah dipilih serta mengunggah file scan pdf persyaratan permohonan lalu Klik Kirim
  • Petugas pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mendapat notifikasi pengiriman permohonan dari pemohon layanan
  • Petugas memferifikasi file berkas persyaratan
  • Petugas akan mengkonfirmasi pemohon bahwa dokumen usulan harus diperbaiaki dan kirim ulang atau usulan akan ditindaklanjuti apabila dokumen usulan telah sesuai
  • Petugas membuatkan surat rekomendasi
  • Petugas memintakan tandatangan ke Pejabat Penandatangan
  • Petugas memintakan nomor surat apabila surat rekomendasi telah ditandatangani
  • Petugas mengkonfirmasi ke pemohon bahwa surat rekomendasi sudah jadi dan siap diambil
  • Pemohon datang ke Kantor Mengambil Surat Rekomendasi yang sudah jadi dengan membawa berkas dokumen usulan permohonan rekomendasi
  • Pemohon mengambil nomor urut antrian pada ruang PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  • Petugas memanggil pemohon sesuai nomor urut antrian
  • Pemohon menyerahkan berkas usulan permohonan rekomendasi ke Petugas
  • Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi yang sudah jadi ke pemohon
  • Petugass mengarsipkan berkas dokumen permohonan rekomendasi di ruang arsip

Offline/Datang Langsung :

  • Pemohon menerima informasi persyaratan dari petugas/media online
  • Pemohon mengambil nomor urut antrian pada ruang PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  • Petugas memanggil pemohon sesuai nomor urut antrian
  • Pemohon menyerahkan berkas usulan permohonan rekomendasi ke Petugs
  • Petugas memferifikasi file berkas persyaratan
  • Petugas mengembalikan berkas permohonan apabila belum sesusai
  • Petugas menindaklanjuti permohonan
  • Petugas membuatkan surat rekomendasi
  • Petugas memintakan tandatangan ke Pejabat Penandatangan
  • Petugas memintakan nomor surat apabila surat rekomendasi telah ditandatangani
  • Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi yang sudah jadi ke pemohon
  • Petugass mengarsipkan berkas dokumen permohonan rekomendasi di ruang arsip

III. Pelimpahan Porsi
Online :

  • Pemohon menerima informasi persyaratan dari petugas/media online
  • Pemohon Masuk ke laman web aplikasi pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga SICAKAP
  • Masuk ke menu layanan pada aplikasi SICAKAP untuk memilih jenis pelayanan yang akan dilakukan
  • Pemohon mengisi form pada link jenis pelayanan yang telah dipilih serta mengunggah file scan pdf persyaratan permohonan lalu Klik Kirim
  • Petugas pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mendapat notifikasi pengiriman permohonan dari pemohon layanan
  • Petugas memferifikasi file berkas persyaratan
  • Petugas akan mengkonfirmasi pemohon bahwa dokumen usulan harus diperbaiaki dan kirim ulang atau usulan akan ditindaklanjuti apabila dokumen usulan telah sesuai
  • Petugas membuatkan surat rekomendasi
  • Petugas memintakan tandatangan ke Pejabat Penandatangan
  • Petugas memintakan nomor surat apabila surat rekomendasi telah ditandatangani
  • Petugas mengirimkan file permohonan pelimpahan porsi melalui aplikasi ke Pusat untuk disetujui
  • Petugas mengarsipkan dokumen permohonan pelimpahan porsi
    Petugas mengkonfirmasi ke pemohon bahwa surat rekomendasi sudah jadi dan siap diambil
  • Pemohon datang ke Kantor Mengambil Surat Rekomendasi yang sudah jadi dengan membawa berkas dokumen usulan permohonan rekomendasi
  • Pemohon mengambil nomor urut antrian pada ruang PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  • Petugas memanggil pemohon sesuai nomor urut antrian
  • Pemohon menyerahkan fotocopy berkas usulan permohonan rekomendasi ke Petugas
  • Petugas mengarsipkan fotocopy berkas usulan
  • Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi yang sudah jadi ke pemohon
  • Petugas menjelaskan langkah selaanjutnya terkait pelimpahan porsi
  • Pemohon selanjutnya menunggu undangan dari Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng untuk jadwal perekaman data SPPH
  • Pemohon ke Kantor Wilayah Kemenag Prov Jateng untuk melakukan perekaman data SPPH
  • Pemohon mnyerahkan SPPH lembar ke 3 dari Kanwil ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga untuk di arsipkan

Offline/Datang Langsung :

  • Pemohon menerima informasi persyaratan dari petugas/media online
  • Pemohon mengambil nomor urut antrian pada ruang PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  • Petugas memanggil pemohon sesuai nomor urut antrian
  • Pemohon menyerahkan berkas usulan permohonan pelimpahan porsi haji ke Petugs
  • Petugas memferifikasi file berkas persyaratan
  • Petugas mengembalikan berkas permohonan apabila belum sesusai
  • Petugas menindaklanjuti permohonan apabila berkas dokumen telah sesuai
  • Petugas membuatkan surat rekomendasi
  • Petugas memintakan tandatangan ke Pejabat Penandatangan
  • Petugas memintakan nomor surat apabila surat rekomendasi telah ditandatangani
  • Petugas mengarsipkan fotocopy berkas dokumen permohonan pelimpahan porsi di ruang arsip
  • Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi yang sudah jadi ke pemohon
  • Petugas menjelaskan langkah selaanjutnya terkait pelimpahan porsi
  • Pemohon selanjutnya menunggu undangan dari Kantor Wilayah Kemenag Prov. Jateng untuk jadwal perekaman data SPPH
  • Pemohon ke Kantor Wilayah Kemenag Prov Jateng untuk melakukan perekaman data SPPH
  • Pemohon menyerahkan SPPH lembar ke 3 dari Kanwil ke Kantor Kementerian Agama Prov Jateng untuk di arsipkan

IV. Pembatalan porsi haji
Online :

  • Pemohon menerima informasi persyaratan dari petugas/media online
  • Pemohon masuk ke laman web aplikasi pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga SICAKAP
  • Masuk ke menu layanan pada aplikasi SICAKAP untuk memilih jenis pelayanan yang akan dilakukan
  • Pemohon mengisi form pada link jenis pelayanan yang telah dipilih serta mengunggah file scan pdf persyaratan permohonan lalu Klik Kirim
  • Petugas pelayanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mendapat notifikasi pengiriman permohonan dari pemohon
  • Petugas memferifikasi file dokumen persyaratan
  • Petugas akan mengkonfirmasi pemohon bahwa file dokumen usulan harus diperbaiaki dan kirim ulang atau usulan akan ditindaklanjuti apabila dokumen usulan telah sesuai
  • Petugas membuatkan surat pengantar pembatalan porsi haji
  • Petugas memintakan paraf ke Kepala Seksi PHU dan memintakan tandatangan ke Pejabat Penandatangan
  • Petugas memintakan nomor surat apabila surat pengantar pembatalan porsi haji telah ditandatangani
  • Petugas menginformasikan ke pemohon untuk mengirimkan dokumen permohonan pembatalan porsi haji ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  • Pemohon datang ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga menyerahkan dokumen permohonan yang asli
  • Pemohon mengambil nomor antrian
  • Petugas memanggil pemohon sesuai nomor antrian
  • Pemohon menyerahkan berkas dokumen permohonan pembatalan ke petugas layanan
  • Petugas menerima berkas dokumen dan memverifikasi ulang berkas dokumen permohoanan untuk dicocokan dengan file pdf yang dikirim melalui aplikasi
  • Petugas mengirimkan file pdf dokumen pembatalan ke pusat melalui aplikasi
  • Pemohon menerima pengembalian uang pendaftaran secara penuh ke rekening pemohon dengan jangka waktu yang telah ditentukan

Offline/Datang Langsung :

  • Pemohon menerima informasi persyaratan dari petugas/media online
  • Pemohon mengambil nomor urut antrian pada ruang PTSP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga
  • Petugas memanggil pemohon sesuai nomor urut antrian
  • Pemohon menyerahkan berkas usulan permohonan pelimpahan porsi haji ke Petugs
  • Petugas memferifikasi file berkas persyaratan
  • Petugas mengembalikan berkas permohonan apabila belum sesusai
  • Petugas menindaklanjuti permohonan apabila berkas dokumen telah sesuai
  • Petugas membuatkan surat pengantar permohonan pembatalan porsi haji
  • Petugas memintakan paraf ke Kepala Seksi PHU dan memintakan tandatangan ke Pejabat Penandatangan
  • Petugas memintakan nomor surat apabila surat permohoanan pembatalan porsi haji telah ditandatangani
  • Petugas mengarsipkan fotocopy berkas dokumen permohonan pembatalan porsi di ruang arsip
  • Petugas pelayanan mengirimkan file pdf ke pusat melalui aplikasi untuk disetujui
  • Pemohon menerima pengembalian uang pendaftaran secara penuh ke rekening pemohon dengan jangka waktu yang telah ditentukan
Nama fIle
Inovasi-PHU-2022.pdf
Jenis file
PDF
Page
27
Ukuran file
3,7 MB

Data

1. Data Kepegawaian

2. Data Keuangan

Daftar Isian Penggunaan Anggaran

No Nama Kesatuan Kerja Kode Satuan Kerja Download File
1.
Sekretarian Jendral
417394

2
Bimbingan Masyarakat Islam
417395

3
Pendidikan Islam
417396

4
Penyelenggara Haji dan Umroh
417398

3. Data Bimbingan Masyarakat Islam

Daftar Masjid dan Mushola Kabupaten Purbalingga 2020

Tipologi Masjid

No Agung Besar Jami Bersejarah Publik Total Masjid
1.
1
25
1093
2
3
1124
1
25
1093
2
3
1124

Tipologi Mushalla

No Perumahan Tempat Publik Perkantoran Pendidikan Total Mushalla
1.
2231
196
16
41
2584
2231
196
16
3
2584

4. Data Seksi Pendidikan Agama Islam

5. Data Seksi Pendidikan Madrasah

Data Siswa RA, MI, MTs dan MA

6. Data Penyelenggara Haji dan Umroh

Anda dapat melihat data estimasi keberangkatan di Website Haji dan Umroh Kementerian Agama RI

Cabang Resmi Biro Penyelenggara Umroh dan Haji Khusus di Kabupaten Purbalingga

No Nama Biro Pimpinan Alamat Nomor Ijin Umroh Nomor Ijin Haji Khusus Kontak
1.
Babul Kaโ€™bahโ€จ(PT. Starindo Mitradasa Cipta)
Hasna
Perempatan Babakan
538 Tahun 2019
081227098020
2
PT Multazam Wisata Rohani
Susri Kamala Hadi
Perumahan Cluster Taman Karlinโ€จJl Raya Tobong Desa Karanglewasโ€จKec. Kutasari, Kab. Purbalingga
819 Tahun 2021
820 Tahun 2021
081215212841
3
PT. Alfida Tour Dan Travel
Sayid Ali Qudban
Jl. Warudoyong Dusun 1โ€จDesa Kedung Jati Rt 01 Rw 07 Bukateja Purbalingga
2931 Tahun 2019
085292869333
4
PT. Sekolah Haji Umroh
Estining Pamungkas, S.Sos Mi.Kom
Jl. Letkol Isdiman No 68 A, Purbalingga Wetan, Kec. Purbalingga, Kab. Purbalingga
U.444 Tahun 2020
081391344499
5
PT. Rima Karya Mandiri
2019 Tahun 2020
081227098020

Rekapitulasi Data Pendaftaran Haji Tahun 2021

No Bulan Jumlah Orang Nilai Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
1.
Januari
76
25.000.000
1.900.000.000
2
Februari
61
25.000.000
1.525.000.000
3
Maret
58
25.000.000
1.450.000.000
4
April
54
25.000.000
1.350.000.000
5
Mei
50
25.000.000
1.250.000.000
6
Juni
66
25.000.000
1.650.000.000
7
Juli
17
25.000.000
425.000.000
8
Agustus
13
25.000.000
325.000.000
9
September
81
25.000.000
2.025.000.000
10
Oktober
50
25.000.000
1.250.000.000
11
November
75
25.000.000
1.875.000.000
12
Desember
72
25.000.000
1.800.000.000

TOTAL

673

16.825.000.000

Rekapitulasi Batal Awal Reguler (Periode 1 Januari s.d. 31 Desember 2021)

No Bulan Jumlah Pembatalan Jumlah Nilai Pembatalan
1.
Januari
9
225.000.000
2
Februari
10
250.000.000
3
Maret
8
200.000.000
4
April
6
150.000.000
5
Mei
6
150.000.000
6
Juni
13
325.000.000
7
Juli
10
250.000.000
8
Agustus
17
425.000.000
9
September
13
325.000.000
10
Oktober
17
425.000.000
11
November
10
250.000.000
12
Desember
9
225.000.000

TOTAL

128

3.200.000.000

Rekapitulasi Data Pendaftaran Haji Tahun 2020

No Bulan Jumlah Orang Nilai Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
1.
Januari
198
25.000.000
4.950.000.000
2
Februari
109
25.000.000
2.725.000.000
3
Maret
61
25.000.000
1.525.000.000
4
April
50
25.000.000
1.250.000.000
5
Mei
25
25.000.000
625.000.000
6
Juni
57
25.000.000
1.425.000.000
7
Juli
57
25.000.000
1.425.000.000
8
Agustus
71
25.000.000
1.775.000.000
9
September
63
25.000.000
1.575.000.000
10
Oktober
50
25.000.000
1.250.000.000
11
November
115
25.000.000
2.875.000.000
12
Desember
82
25.000.000
2.050.000.000

TOTAL

938

23.450.000.000

Rekapitulasi Batal Awal Reguler (Periode 1 Januari s.d. 31 Desember 2020)

No
No
Bulan
Total Orang
Total Rp
Rp. 20.000.000
Rp. 25.000.000
Total
Rp. 20.000.000
Rp. 25.000.000
Total
1.
Januari
7
7
175.000.000
175.000.000
2
Februari
8
8
200.000.000
200.000.000
3
Maret
7
7
175.000.000
175.000.000
4
April
4
4
100.000.000
100.000.000
5
Mei
5
5
125.000.000
125.000.000
6
Juni
6
6
150.000.000
150.000.000
7
Juli
8
8
200.000.000
200.000.000
8
Agustus
9
September
7
7
175.000.000
175.000.000
10
Oktober
7
7
175.000.000
175.000.000
11
November
9
9
225.000.000
225.000.000
12
Desember
5
5
125.000.000
125.000.000

TOTAL

73

73

1.825.000.000

1.825.000.000

Rekapitulasi Data Pendaftaran Haji Tahun 2019

No Bulan Jumlah Orang Nilai Satuan Jumlah
1.
Januari
165
25.000.000
4.125.000.000
2
Februari
102
25.000.000
2.550.000.000
3
Maret
79
25.000.000
1.975.000.000
4
April
71
25.000.000
1.775.000.000
5
Mei
66
25.000.000
1.650.000.000
6
Juni
102
25.000.000
2.550.000.000
7
Juli
217
25.000.000
5.425.000.000
8
Agustus
259
25.000.000
6.475.000.000
9
September
209
25.000.000
5.225.000.000
10
Oktober
198
25.000.000
4.950.000.000
11
November
157
25.000.000
3.925.000.000
12
Desember
185
25.000.000
4.625.000.000

TOTAL

1.810

45.250.000.000

Rekapitulasi Data Pendaftaran Haji Tahun 2018

No Bulan Jumlah Orang Nilai Satuan Jumlah
1.
Januari
142
25.000.000
3.550.000.000
2
Februari
120
25.000.000
3.000.000.000
3
Maret
122
25.000.000
3.050.000.000
4
April
100
25.000.000
2.500.000.000
5
Mei
76
25.000.000
1.900.000.000
6
Juni
73
25.000.000
1.825.000.000
7
Juli
145
25.000.000
3.625.000.000
8
Agustus
213
25.000.000
5.325.000.000
9
September
172
25.000.000
4.300.000.000
10
Oktober
156
25.000.000
3.900.000.000
11
November
139
25.000.000
3.475.000.000
12
Desember
144
25.000.000
4.600.000.000

TOTAL

1.602

40.050.000.000

Rekapitulasi Data Pendaftaran Haji Tahun 2017

No Bulan Jumlah Orang Nilai Satuan Jumlah
1.
Januari
132
25.000.000
3.300.000.000
2
Februari
69
25.000.000
1.725.000.000
3
Maret
111
25.000.000
2.775.000.000
4
April
53
25.000.000
1.325.000.000
5
Mei
79
25.000.000
1.975.000.000
6
Juni
48
25.000.000
1.200.000.000
7
Juli
139
25.000.000
3.475.000.000
8
Agustus
209
25.000.000
5.225.000.000
9
September
188
25.000.000
4.700.000.000
10
Oktober
204
25.000.000
5.100.000.000
11
November
135
25.000.000
3.375.000.000
12
Desember
205
25.000.000
5.125.000.000

TOTAL

1.572

39.300.000.000

Rekapitulasi Batal Awal Reguler (Periode 1 Januari s.d. 31 Desember 2017)

No
No
Bulan
Total Orang
Total Rp
Rp. 20.000.000
Rp. 25.000.000
Total
Rp. 20.000.000
Rp. 25.000.000
Total
1.
Januari
13
13
352.000.000
352.000.000
2
Februari
11
11
275.000.000
275.000.000
3
Maret
10
10
250.000.000
250.000.000
4
April
5
5
125.000.000
125.000.000
5
Mei
7
7
175.000.000
175.000.000
6
Juni
6
6
150.000.000
150.000.000
7
Juli
3
3
75.000.000
75.000.000
8
Agustus
15
15
375.000.000
375.000.000
9
September
5
5
125.000.000
125.000.000
10
Oktober
7
7
175.000.000
175.000.000
11
November
5
5
125.000.000
125.000.000
12
Desember
6
6
150.000.000
150.000.000

TOTAL

93

93

2.325.000.000

2.325.000.000

Rekapitulasi Data Pendaftaran Haji Tahun 2016

No Bulan Jumlah Orang Nilai Satuan Jumlah
1.
Januari
141
25.000.000
3.525.000.000
2
Februari
81
25.000.000
2.025.000.000
3
Maret
91
25.000.000
2.275.000.000
4
April
88
25.000.000
2.200.000.000
5
Mei
71
25.000.000
1.775.000.000
6
Juni
86
25.000.000
2.150.000.000
7
Juli
80
25.000.000
2.000.000.000
8
Agustus
131
25.000.000
3.275.000.000
9
September
162
25.000.000
4.050.000.000
10
Oktober
153
25.000.000
3.825.000.000
11
November
115
25.000.000
2.875.000.000
12
Desember
159
25.000.000
3.975.000.000

TOTAL

1.358

33.950.000.000

Rekapitulasi Batal Awal Reguler (Periode 1 Januari s.d. 31 Desember 2016)

No
No
Bulan
Total Orang
Total Rp
Rp. 20.000.000
Rp. 25.000.000
Total
Rp. 20.000.000
Rp. 25.000.000
Total
1.
Januari
11
11
275.000.000
275.000.000
2
Februari
10
10
250.000.000
250.000.000
3
Maret
8
8
200.000.000
200.000.000
4
April
5
5
125.000.000
125.000.000
5
Mei
5
5
125.000.000
125.000.000
6
Juni
1
13
14
20.000.000
325.000.000
345.000.000
7
Juli
5
5
125.000.000
125.000.000
8
Agustus
11
11
275.000.000
275.000.000
9
September
4
4
100.000.000
100.000.000
10
Oktober
10
10
250.000.000
250.000.000
11
November
9
9
225.000.000
225.000.000
12
Desember
5
5
125.000.000
125.000.000

TOTAL

93

93

2.325.000.000

2.325.000.000

Rekapitulasi Data Pendaftaran Haji Tahun 2015

No Bulan Jumlah Orang Nilai Satuan Jumlah
1.
Januari
113
25.000.000
2.825.000.000
2
Februari
56
25.000.000
1.400.000.000
3
Maret
71
25.000.000
1.775.000.000
4
April
100
25.000.000
2.500.000.000
5
Mei
73
25.000.000
1.825.000.000
6
Juni
50
25.000.000
1.250.000.000
7
Juli
50
25.000.000
1.250.000.000
8
Agustus
144
25.000.000
3.600.000.000
9
September
151
25.000.000
3.775.000.000
10
Oktober
137
25.000.000
3.425.000.000
11
November
135
25.000.000
3.375.000.000
12
Desember
147
25.000.000
3.675.000.000

TOTAL

1.227

30.675.000.000

7. Data Umat Kristen

DATA UMAT KRISTEN KANTOR KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN PURBALINGGA

Daftar Hadir Tamu Pengguna Layanan

Daftar Hadir Tamu Pengguna Layanan

Survey Pengguna Layanan

Survey Kepuasan Pengguna Layanan

Laporan Hasil Survey Tahun 2022

Laporan Hasil Survey Tahun 2022

Nama fIle
HASIL-SURVEY-PERSEPSI-KORUPSI-2022.pdf
Jenis file
PDF
Page
11
Ukuran file
954 KB
Nama fIle
Laporan-Hasil-Survei-Kualitas-Layanan-Publik-Tahun-2022-1.pdf
Jenis file
PDF
Page
14
Ukuran file
2,2 MB
Translate ยป
Open chat
Hubungi Kami
Kemenag Purbalingga
Hallo ๐Ÿ‘‹
Apakah ada yang bisa saya bantu?
Skip to content