Sukses, Porsadin V Tingkat Kabupaten Purbalingga Digelar di Kaligondang

Penyelenggaraan Porsadin V Tingkat Kabupaten Purbalingga di Kecamatan Kaligondang sukses digelar dengan dukungan Pemkab, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Forkompimcam Kaligondang, perangkat desa serta DPC dan DPAC FKDT.

Purbalingga – Sejumlah 1.173 delegasi dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) V Tahun 2022. Pembukaan kegiatan tahunan tersebut dilakukan secara resmi di komplek Madrasah Diniyah (Madin) Irsadul Awam Desa Sidanegara Kecamatan Kaligondang, Ahad (3/7/2022).

Upacara pembukaan Porsadin V tingkat Kabupaten Purbalingga di Kaligondang tersebut dihadiri Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ani Mufarokhakh, perwakilan Setda Purbalingga, Camat dan Forkompimcam Kaligondang, unsur Kepala Desa, Pengurus DPC Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Purbalingga, pengurus DPAC FKDT serta Ketua Kontingen Kecamatan beserta anggota kafilah dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten Purbalingga masing-masing berjumlah 69 orang.

Ketua Panitia Ahmadi dalam laporannya menjelaskan, pada kegiatan tahun ini ada 16 cabang yang diperlombakan.

“Cabang lomba yang dilaksanakan yaitu: Tahfizh Juz’amma, MQK Safinatunnaja, Cerdas Cermat Diniyah, Pidato Bahasa Indonesia, Pidato Bahasa Arab, MTQ, Murotal wal Imla’, Kaligrafi, Puisi Islami, Lari Sprint (60 m dan 80 m), Bulu Tangkis (Single dan Double), Tenis Meja (Single dan Double) serta Catur Cepat,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari 16 cabang yang dilombakan tersebut hanya ada satu cabang lomba yang bisa diikuti oleh tim putra/ tim putri /tim campuran yaitu Cerdas Cermat Diniyah. Selain itu seluruh cabang lomba merupakan cabang putra dan cabang putri.

Menurutnya, lomba dilaksanakan di beberapa lokasi yang berbeda. Cabang Tahfizh bertempat di Mushola Al Huda. MQK, Pidato Bahasa Arab, MTQ, Kaligrafi, Puisi Islami, Tenis Meja, dan Catur  Cepat dilaksanakkan di SMPN 2 Kaligondang. Murotal wal Imla’ di Mushola Al Iman, Lari Sprint di lapangan Desa Kaligondang, Bulu Tangkis di Balai Desa Sidanegara dan Balai Desa Kaligondang.

“Penutupan seluruh kegiatan lomba dilakukan di Madin Irsyadul Awam,” ujarnya.

Salah satu peserta tampil pada cabang lomba Pidato Bahasa Arab .

Kejuaraan

Dari hasil akhir penilaian tim juri diperoleh hasil kejuaraan dengan 3 peringkat tertinggi diduduki masing-masing oleh Kafilah Kecamatan Karanganyar (120), Karangmoncol (102), Kaligondang (86).

Ditambahkan, penyelenggaraan Porsadin V Tahun 2022 ini mengangkat tema : Mandiri Berprestasi Bersama Madrasah Diniyah, Kembangkan Potensi Diri, Raih Prestasi. Kegiatan yang tahunan yang sudah rutin digelar dalam 5 tahun ini  dimaksudkan sebagai wahana membangun sumber daya manusia yang bertaqwa, sehat, kuat dan tangguh jasmani dan rohaninya, berkualitas serta berdaya saing. Selain itu juga untuk  menggali dan mengembangkan potensi santri Madrasah Diniyah Takmiliyah melalui bakat dan minat dalam bidang olahraga dan seni, meningkatkan Ukhuwah Islamiyah antar Madrasah Diniyah dalam rangka memperkokohpersatuan dan kesatuan serta memperkuat peran, fungsi, dan posisi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT).* (sar)

Bagikan :
Translate »