Samiin; Makanan Halal dan Toyib Jadikan Hati Bersih

PURBALINGGA – Ketua Bidang Jaminan Produk Halal (JPH) Penyuluh Agama Islam (PAI) Kankemenag Purbalingga, Jawa Tengah Samiin mengatakan makan dan minuman yang halal dan toyib menjadikan hati bersih.

Demikian dikatanya dalam sambutan sekaligus kajian di acara pertemuan rutin bidang JPH di kediaman Faqih di Desa Kradenan, Kecamatan Mrebet, Rabu (10/3/2021).

“Makanan halal dan toyib itu membersihkan dan melembutkan hati. Maka dengan hati yang bersih doa pun akan terkabul. Sebaliknya maknan haram mengakibatkan tertolaknya doa,” ungkapnya.

Pesan singkat dan padat tersebut menjadi bahan diskusi yang cukup hangat, mengingat makan dan minum adalah kebutuhan primer yang dikonsumsi setiap hari oleh manusia.

Maka tidak heran jika diskusi yang bertema seputar halal, mulai dari dasar hukum, perundang-undangan dan problematika dimasyarakat selalu hangat untuk didiskusikan.

Usai acara diskusi, dilanjutkan dengan pembinaan dari Kasi Garazawa Syarif Hodayat, S.Ag, M.Si ia mengajak PAI di Kabupaten Purbalingga untuk mensukseskan Zona Integritas (ZI). Dengan mewujudkan wilayah yang bebas korupsi dan gratifikasi.

Kemudian, diminta juga agar PAI bisa mendampingi para pemilik usaha kecil dan menengah selama proses pembuatan sertifikat halal.

PAI Fungsional selaku pendamping bidang JPH, Hj. Sri Mulyati juga menekankan agar PAI juga untuk memberikan pelayanan di KUA dengan maksimal dan dengan santun dan baik.

Acara ditutup dengan kegiatan pelatihan membuat dan menyusun berita untuk blog dan social media oleh Imam Edi Siswanto atau IES dari KUA Kaligondang.

Penulis : Rohmah / PAI Bidang Jaminan Produk Halal

(Gara Zawa– IES/kangmus817)

 

Bagikan :
Translate ยป