Purbalingga Siap Gelar MTQ Pelajar XXIX dan MTQ Umum XXVII

Purbalingga – Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dari jenjang kecamatan hingga tingkat nasional. Pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan telah digelar dua minggu yang lalu, sedangkan di tingkat kabupaten Purbalingga akan digelar 7-8 Agustus 2018. Menyongsong agenda tersebut, Panitia Pelaksana MTQ Kabupaten Purbalingga dipimpin Kasi Bimas Islam, Mukhlis Abdillah melakukan berbagai persiapan teknis dan non-teknis demi kesuksesan kegiatan tersebut. Salah satunya adalah melakukan pertemuan teknis pada hari Kamis (02/08) di Aula Lantai II Kantor Kemenag Kabupaten Purbalingga.

Di depan 30 peserta pertemuan yang terdiri dari unsur Bimas Islam, KUA dan Penyuluh Agama Islam Fungsional, Mukhlis menyampaikan 4 hal mendasar.

“Pertama, hasil Pertemuan Teknik ini diharapkan dapat dipedomani dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan sehingga menunjang kelancaran pelaksanaan lomba MTQ. Juga menghindarkan terjadinya keributan, intervensi maupun aksi protes yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang disebabkan karena gagal memahami ketentuan yang sudah ditetapkan,” tandasnya.

Yang kedua, MTQ adalah perhelatan penting. Para official diharapkan dengan jelas mensosialisasikan hasil pertemuan teknis ini kepada para peserta agar pembekalan peserta dapat dilakukan secara maksimal. Ketiga, Mukhlis berharap agar MTQ kali ini lebih berkualitas dan bermoral, baik secara tata laksana maupun kejuaraan. Yang keempat, Dewan Hakim harus mahami apa yang menjadi tugasnya.

“Hasil kejuaraan harus dapat dipertanggungjawabkan dan layak untuk dilombakan di tingkat yang lebih tinggi, yakni tingkat provinsi dan menorehkan sejarah yang baik untuk kabupaten Purbalingga,” ungkap Mukhlis berharap.

“Buatlah materi sesuai standar yang dilombakan. Dewan juri Tahfidz harus seorang Hafidz atau Hafidzoh agar tidak salah memberi soal dan menilai jawaban,” tegasnya.

MTQ Pelajar memperlombakan 3 cabang. Yakni cabang Tartil, Tilawah dan Tahfidz  dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Sedangkan MTQ Umum meliputi Tilawah (Anak-anak, Remaja dan Dewasa), Syarhil Quran, Fahmil Qur'an, serta Tahfidz 10 juz, 20 juz, 30 juz. Peserta MTQ  adalah utusan masing-masing kecamatan dan sekolah/madrasah se-kabupaten Purbalingga. (sri/sar)

Bagikan :
Translate ยป