Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga

Ketua PZI Sudiono: PPPK Harus Jadi Agen Perubahan dalam Pembangunan Zona Integritas

PPPK harus menjadi Agen Perubahan dalam pembangunan Zona Integritas
Ketua Pembangunan Zona Integritas Sudiono menegaskan PPPK harus menjadi Agen Perubahan dalam Pembangunan Zona Integritas

Purbalingga (Humas) – Plt. Kasubbag TU sekaligus Kasi Pendidikan Madrasah dan Ketua Pembangunan Zona Integritas H. Sudiono memberikan penguatan Zona Integritas kepada 148 peserta pelatihan Service Excellent bagi PPPK di Aula Andrawina Owabong Cottage, Selasa (8/7/2025). Dengan penuh semangat, Plt. Kasubbag TU menyampaikan materi tentang Pembangunan Zona Integritas di Kankemenag Purbalingga.

Dalam paparannya, Sudiono menekankan pentingnya komitmen seluruh pegawai, khususnya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebagai Agen Perubahan, dalam mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Ia menjelaskan bahwa pembangunan Zona Integritas (ZI) bukan sekadar memenuhi dokumen administratif, tetapi merupakan upaya berkelanjutan untuk membangun budaya kerja yang bersih, transparan, dan akuntabel.

“Kita ingin membentuk aparatur yang tidak hanya profesional, tetapi juga berintegritas tinggi. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Pelatihan yang berlangsung di Aula Andrawina Owabong Cottage, Kabupaten Purbalingga, ini diikuti oleh 148 peserta yang terdiri dari tenaga PPPK di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. Kegiatan dilaksanakan sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam memberikan pelayanan prima (service excellent) kepada masyarakat.

Selain memberikan penguatan materi tentang Pembangunan Zona Integritas Plt. Kasubbag TU juga mengajak seluruh peserta untuk menjadi agen perubahan di unit kerja masing-masing. Ia menambahkan bahwa keberhasilan pembangunan ZI sangat ditentukan oleh partisipasi aktif dan konsistensi seluruh pihak, bukan hanya pimpinan.

Kegiatan pelatihan ini juga menghadirkan sejumlah narasumber lain yang menyampaikan materi terkait etika pelayanan, komunikasi efektif, serta standar pelayanan publik. Dengan pelatihan ini, diharapkan para PPPK memiliki pemahaman dan kemampuan yang lebih baik dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan memuaskan kepada masyarakat.

Baca Juga: Pelatihan Service Excellent Bagi PPPK, Kakan: Jadilah ASN yang Berkhidmah untuk Umat

Kontributor : Sri Lestari
Editor/ Publisher : Ahyan Putra
Foto : Wiwit

Post Relate

Translate »
Open chat
Hubungi Kami
Kemenag Purbalingga
Hallo 👋
Apakah ada yang bisa saya bantu?
Skip to content