Jagalah Komunikasi agar Anak Terhindar dari Keburukan

Purbalingga – Orang tua harus menjalin dan menjaga komunikasi yang baik dengan anak-anaknya. Karena anak yang orang tuanya selalu menjaga komunikasi dengan baik insyaallah akan terjaga atau terhindar dari hal-hal yang buruk seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan intisari materi yang disajikan Penyuluh Agama Islam Bidang Narkoba dan HIV AIDS Yeni Nurasiah pada pertemuan rutin Penyuluh Agama Islam wilayah KUA Kecamatan Padamara di KUA Padamara, Selasa (20/4/2021).

Dalam materinya Yeni memaparkan bahwa banyak orang tua yang merasa cukup memberikan fasilitas untuk kebutuhan anak secara fisik saja.

“Mereka lupa bahwa kebutuhan psikis anak juga tidak kalah pentingnya. Kebutuhan psikis yang dimaksud adalah rasa kasih sayang, menjaga komunikasi dan rasa memiliki,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai bentuk menjaga komunikasi dengan anak, orang tua harus memberikan perhatian yang intens seperti mengajak bermain dan bercanda dengan anak. Selain itu norma-norma agama juga penting dalam mendukung perkembangan anak.

“Dengan mengetahui norma-norma agama dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari anak akan memiliki mental yang kuat sehingga tidak terbujuk dengan hal-hal yang tidak baik di luar sana,” tandasnya.

Penyuluh Agama Islam Fungsional kecamatan Padamara Siti Suwarti menjelaskan,  pertemuan rutin di KUA Padamara dilaksanakan setiap hari Selasa dengan tema materi yang berbeda beda sesuai dengan bidang dan tupoksinya. Kegiatan tersebut dihadiri Penyuluh Agama Islam Fungsional beserta 8 Penyuluh Agama Islam Non-PNS wilayah KUA kecamatan Padamara.

“Semua Penyuluh Agama memiliki peran yang sangat penting di masyarakat di setiap bidangnya juga di setiap tempat bimbingan penyuluhan di wilayah desa / kelurahan yang sudah ditentukan. Di situ para penyuluh menumpahkan ilmunya pada obyek dakwahnya, baik pada Bina Keluarga Remaja (BKR) maupun Bina Keluarga Lansia (BKL),” ungkapnya.

(Bimas- PAI Bidang Keluarga Sakinah)

Kontributor             : Wagino / Fitriana P

Editor & Publisher : Sarwono

Bagikan :
Translate ยป