8 Cara Menghadapi Mertua yang Kurang Baik

Jika kita memiliki mertua yang bersikap tidak baik dengan kita, sebaiknya kita hadapi dengan cara-cara sebagai berikut:

 

1. Ketulusan hati adalah cara efektif untuk menghadapinya. Karena ketulusan hati dapat mendatangkan kemurahan Allah untuk melunakan harti mertua dengan rasa kasih sayang kepada sang mertua.

 

2  .komunikasi dari kedalaman hati dengan suami. Komunikasi yang sehat itu didasarkan pada saling percaya, mau mendengar, menghormati pendapat, lapang dada dan terbuka. Agar dia dan anda bisa sehati sekata.

 

3. Jangan masukan terlalu dalam perkataan-perkataan mertua yang menjelekan anda. Ketika anda mendengar mertua berkata tentang kejelekan anda, anggaplah sebagai angin lewat. Jangan terlalu dimasukan ke dalam hati. Karena akan menjadi beban pikiran anda sendiri. Dengan tidak memasukan kata-kata mertua anda, maka pikiran anda akan lebih tenang dan emosi lebih stabil.

 

4. Selalu mendoakan mertua agar Allah berkenan memberinya hidayah. Mertua anda tetap berbuat tidak senang terhadap anda, padahal anda telah bersabar maka tinggal serahkan kepada Allah SWT yang Maha membolak balikan hati manusia. Seringlah berdoa kepada Allah SWT agar mertua anda diberi hidayah.

 

5. Tetaplah berlaku baik. Walaupun mertua anda berperilaku tidak baik terhadap anda, anda sebagai manusia biasa harus bisa menahan emosi dan sikap dengan cara tetap berlaku baik terhadap mertua. Awalnya sulit memang, tetapi ketika kita sama-sama berbuat jahat maka tidak akan pernah ada hasilnya. Yang ada hanyalah sebuah kejahatan terus menerus.

 

   “dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.”

 

6. Memberinya hadiah. Sebagai menantu harus mencari tahu apa yang diingingkan atau disukai oleh sang mertua, dengan begitu kita akan lebih memahami tentang karakter mertua kita. Cobalah dengan cara kita memberikan hadiah yang diinginkan oleh sang mertua. Hadiah tidak perlu mahal tetapi berikanlah hadiah dengan penuh ketulusan hati.

 

7. Membantu kerepotannya. Apabila masih satu rumah dengan mertua, sebaiknya kita harus mau membantu pekerjaan rumah yang dikerjaan sang mertua. Karena semua mertua tidak menyukai menantunya yang hanya tiduran di rumah.

8. Memasrahkan semuanya kepada Allah. Ketika anda sudah melakukan semuanya, tetapi mertua anda tetap berbuat tidak baik terhadap anda. Anda harus bersabar seperti dalam Al-Qur’an Surat Fushilat ayat 34-35.

 

    “Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang yang mempunyai keuntungan besar.” (QS. Fushilat 34-35)

 

Dengan bersabar anda akan lebih merasa tenang dan hati dilapangkan, selalu berdoalah kepada Allah SWT dengan memasrahkan semua yang terjadi kepada-Nya karena Allah SWT lebih mengetahui yang terbaik untuk kita.

 

Penulis : Dimas K/Bidang keluarga sakinah

(Bimas Islam-FauzanGino)

 

 

Bagikan :
Translate ยป