162 PAI Kankemenag Purbalingga Serentak Sosialisasikan SE Menag No 21

Purbalingga – Sebanyak 162 Penyuluh Agama Islam (PAI) Non ASN dan 8 PAI Fungsional Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupten Purbalingga, Jawa Tengah serentak bergerak mensosialisasikan  SE Menag No 21 Tahun 2021 dan Penerapan Prokes 5M+1D.

Hal tersebut dilakukan sejak 26 Juli 2021 lalu, melalui pemasangan pamflet dan stiker hingga sosialisasi di media sosial (medsos) via Facebook, IG, Twitter, blog hingga Youtube dengan tujuan untuk menekan dan mencegah penularan virus Covid-19 di Kabupaten Purbalingga.

Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 21 tahun 2021 berisi tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah Pada Masa PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 sesuai  Zonasi, serta Penerapan Protokol Kesehatan 5M.

Adapun imbauan kepada masyarakat untuk disiplin menerpakan Prokes 5M+1D, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Mengurangi Mobilitas/Interaksi dan Menghindari Kerumunan dan Doa.

Sasaran sosialisasi SE Menag nomor 21 tahun 2021 dan Penerapan Prokes 5M+1D menyasar kepada hampir keseluruh lapisan masyarakat. Seperti tempat Ibadah masjid dan mushala, lembaga pendidikan formal dan non formal, fasilitas umum hingga para pedagang kaki lima.

Dengan berseragam kaos hitam bertuliskan ajakan menerapkan Prokes 5M+1D, PAI tampak tetap bersemangat melakukan tugas sebagai kepanjangan tangan pemerintah melalui  Kementerian Agama RI.

Seperti yang dilakukan oleh PAI dari KUA Kemangkon Edi Trisnanto bersama rekanya saat mensosialisasikan SE Menag nomor 21 tahun 2021 dengan membagikan masker dan menempel stiker di gerobak bakso keliling di pasar Desa Panican.

Kemudian, PAI dari KUA Mrebet 1, Amin Nur Faizan yang menempel stiker ajakan menerapkan prokes 5M+1D di mobil milik pedagang sayur keliling.

“Ya, tadi pas kebetulan selesai menempel pamflet dan stiker di masjid Baiturrohim Desa Mrebet. Kemudian saya lihat ada mobil berhenti di jalan depan masjid, maka saya spontan minta ijin menempel stiker di mobilnya, tapi malah ditempel sendiri,” katanya sambil tersenyum, Kamis (5/8/2021).(ies)

Kontributor : Imam Edi Siswanto

publisher : sri lestari

Bagikan :
Translate ยป