ZI Meningkatkan Layanan Kankemenag Purbalingga

Purbalingga – Berbagai inovasi layanan publik telah dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga seiring dengan pelaksanaan program pembangunan zona integritas (ZI). Hal tersebut dapat dilihat dan dirasakan secara langsung saat masyarakat pengguna layanan berkunjung ke Kankemenag Purbalingga akhir-akhir ini.

Pernyataan tersebut menjadi intisari pemaparan materi Pembangunan Zona Integritas yang disampaikan Kasi Pendidikan Agama Islam Sugeng Riadi selaku Tim ZI Kankemenag Purbalingga kepada peserta Pembinaan ASN di Aula MIM 2 Babakan beberapa waktu lalu.

Sugeng menjelaskan, ada beberapa perubahan yang dapat dilihat oleh para tamu yang berkunjung ke Kankemenag Purbalingga.

“Para pegawai dari bagian terdepan yaitu Satpam, petugas PTSP, para ASN Pelaksana hingga petugas kebersihan telah mendapat pembinaan melalui kegiatan Pelatihan Karakter beberapa waktu yang lalu di Aula Uswatun Khasanah Purbalingga sehingga pelayanan yang diberikan sudah jauh lebih baik, ramah dan sopan,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan tersebut menurutnya merupakan salah satu upaya Tim Pembangunan ZI Kankemenag Purbalingga untuk mengubah pola pikir para pegawai agar dapat menyajikan pelayanan prima (excellent service) kepada masyarakat pengguna layanan.

“Dengan pelatihan dengan narasumber dari Potency Training Purwokerto tersebut diharapkan dapat menjadi bekal para pegawai kita dalam menghadapi masyarakat pengguna layanan yang datang ke Kankemenag Purbalingga,” ungkapnya.

Kotak aduan dan nomor layanan aduan resmi pun dipampangkan untuk melayani aduan dari masyarakat yang merasa tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh para pegawai Kankemenag Purbalingga.

Berbagai Inovasi Layanan juga telah dimunculkan oleh seluruh Seksi/Bagian di Kankemenag Purbalingga melalui beberapa tagline.

“Seperti Seksi Bimas Islam dengan Logog seok, Seksi PAIS dengan Kopi Joss, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh dengan Pasti Mabrur, Seksi PD Pontren dengan Mantap Pisan, Seksi Pendidikan Madrasah dengan Dasimah Mesem, Penyelenggara Zakat dan Wakaf dengan Siswadi, Urusan Pegawai dengan Ngek Jel, Urusan Keuangan dengan Mak Jleb, dan Urusan Umum dengan Bandung Bandawasa-nya,” ungkapnya.

Selain itu juga ada Aplikasi Si Cakap (Sistem Informasi Cepat dan Akuntabel Kankemenag Purbalingga) sebagai sumber informasi dan sarana layanan kepada para pegawai dan masyarakat pengguna layanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

“Berbagai informasi terkait pelayanan penyelenggaraan ibadah haji / umroh, pernikahan, pengajuan ijin operasional lembaga pendidikan agama/keagamaan, rekomendasi bantuan lembaga madrasah/ pondok pesantren, pengukuran arah kiblat, pengelolaan zakat dan wakaf, usul kenaikan pangkat pegawai di lingkungan Kankemenag Purbalingga dan sebagainya dapat dicari atau ditanyakan melalui layanan online yang ada,” jelasnya.

Selain itu bagi par ASN PNS di jajaran Kankemenag Purbalingga juga sudah ada Si Olga (Sistem Informasi Layanan Gaji) yang dengannya para pegawai  tidak perlu hadir ke Bagian Keuangan untuk menanyakan rincian gaji yang diterimanya, karena secara rutin setiap bulan sudah dikirim ke alamat e-mail masing-masing pegawai, tambahnya. (sar)

Bagikan :
Translate ยป