ZI dan WBK Bermuara pada Pelayanan yang Memuaskan Masyarakat

Purbalingga –  Mewujudkan Kantor Kementerian Agama sebagai sebuah wilayah berintegritas dan bebas dari korupsi (ZI – WBK) adalah sebuah keniscayaan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H. Karsono di Aula Lantai 2 kantor setempat saat menyambut kedatangan Tim Zona Integritas (ZI) Kankemenag Kabupaten Purworejo, Kamis (25/11/2021).

Kepada Tim ZI yang menjadi tamunya Kakankemenag Karsono memberikan beberapa motivasi agar pembangunan Zona Integritas dapat dilaksanakan.

“Mengapa kita harus ber- ZI – WBK? Karena ini adalah sebuah keniscayaan, bukan sekedar melaksanakan perintah pimpinan kita di pusat. Institusi Kementerian Agama harus menjadi yang terbaik di antara yang lainnya,” tandasnya.

Menurutnya, Kementerian Agama dapat digambarkan seperti baju putih yang jika terkena noktah sedikit saja akan terlihat dengan jelas.

“Memang awalnya berat. Bahkan pada awalnya ada kesan bahwa ZI WBK adalah dalam rangka memiskinkan para pejabat dan pegawai di Kementerian Agama. Namun yakinlah bahwa ini akan menumbuhkan keberkahan sebagaimana ajaran agama kita bahwa rizki itu sudah ada yang mengatur dan rizki kita itu tidak akan tertukar,” ujarnya.

Ia menambahkan, selama ini banyak slogan di Kementerian Agama. Namun belum menyentuh hingga ke akar rumput.

‘Sekarang kami bertemu dengan Irjen sudah tidak lagi deg-degan. Jadi ada keuntungan immaterial yang kita peroleh. Dulu pegawai Kemenag minder, sekarang dengan ZI kita menjadi lebih percaya diri,” ungkapnya.

Di antara beberapa prinsip yang dipesankan adalah : Ana masalah ya di rembug, ana pangan ya dipangan bareng. (Jika ada persoalan selesaikan dengan musyawarah, dan jika ada kemakmuran harus dinikmati bersama-sama – red)

“Maka kita harus terus menerus meningkatkan pelayanan. Karena final terakhir dari kerja kita adalah pelayanan yang terbaik sehingga masyarakat merasa puas,” imbuhnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Purworejo H. Fatchur Rochman dalam sambutannya menjelaskan, kedatangannya bersama tim sejumlah 14 orang tersebut adalah dalam rangka Studi Banding Pembangunan Zona Integritas di Kankemenag Kabupaten Purbalingga.

“Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih telah diterima di sini dengan baik. Kedatangan kami adalah dalam rangka ngangsu kawruh  pembangunan ZI di Kankemenag Purbalingga untuk persiapan kami di tahun 2022. Karena pada akhir tahun 2021 eviden-eviden sudah harus kami setorkan,” ungkapnya.

Menurutnya, pada kunjungan pertama kalinya tersebut pihaknya merasa sangat kagum dengan pembangunan ZI menuju WBK yang dicapai Kankemenag Purbalingga.

“Semoga kami bisa meniru dan mohon diijinkan kami bersama seluruh tim untuk menjalin komunikasi dan konsultasi agar kami bisa melakukan seperti apa yang dilakukan di Kankemenag Purbalingga ini,” ujarnya.

Kompak

Ketua Tim ZI Kankemenag Purbalingga Sudiono dalam paparannya menegaskan bahwa Zona Integritas dapat dibangun dengan komitmen bersama dan kekompakan tim.

“Ketika sudah ZI, harus kompak. Implementasinya berantas korupsi, tolak gratifikasi dan bangun pelayanan nol rupiah. Maka di sini seorang pimpinan harus benar-benar menjadi uswah, menjadi role model. Dan sosialisasi Zi pun kami lakukan dengan masif,” tandasnya.

Sedangkan hal lainnya menurutnya adalah sarana prasarana. PTSP sebagai pusat layanan, dengan Satpam sehingga tidak ada orang atau tamu yang masuk tanpa melalui screening Satpam.

“Petugas PTSP harus tetap, untuk menjaga kualitas layanan. Sedangkan terkait kebijakan dalam pelayanan ada pada pimpinan yaitu Kakankemenag. Jika Kakankemenag tidak ada, maka didisposisikan oleh Kasubbag TU. Dan jika Kasubbag TU tidak ada maka disposisi kebijakan ada pada para Kasi,” jelasnya.

Terkait inovasi layanan Sudiono memaparkan beberapa inovasi layanan yang ada di Kankemenag Purbalingga. Di antaranya layanan melalui mobil keliling untuk pendaftaran haji, pelayanan pembuatan paspor di Kankemenag Purbalingga untuk calon jemaah haji, umroh dan masyarakat umum melalui kerja sama dengan Kantor Imigrasi Cilacap.

“Pembuatan paspor untuk masyarakat umum untuk keperluan tugas belajar, TKI, perjalanan umroh, perjalanan dinas luar negeri dll. dilayani hari Sabtu – Ahad pada minggu ketiga setiap bulan,” ungkapnya.* (sar)

Bagikan :
Translate ยป