UPACARA HUT RI KE-71, KEMENAG KABUPATEN PURBALINGGA

Purbalingga, tepat tanggal 17 Agustus 2016 seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-71. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, melaksanaakan upacara Pengibaran Bendera Merah Putih. Upacara yang diikuti oleh seluruh karyawan, berlangsung khidmat.
Dalam upacara tersebut dibacakan amanat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo oleh Pembina upacara, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga,H. Ahmad Muhdzir, S.Ag, MM.
Dalam amanatnya, gubernur Jawa Tengah menyampaikan antara lain ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia yang telah lebih dari 7 dasawarsa. Usia yang tidak lagi muda untuk sebuah bangsa yang membangun dirinya yang berdaulat di bidang Politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian di bidang kebudayaan.
Kita ingin buktikan kepada Dunia bahwa kita adalah Bangsa yang berKeTuhanan dalam kemanusiaan yang ber-adab, Bangsa yang disatukan dalam Ke-Bhinnekaan Adat dan Budaya. Selalu bermusyawarahmencapai mufakat dalam perbedaan pendapat semata-mata demi keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Kita adalah pewaris sah dari anak-anak Negeri dan Kita adalah bangsa yang besar, yang dikarunia segala kekayaan dan keberagaman. Ini potensi yang harus kita jaga dengan sepenuh hati, kita kelola dengan nurani, pikiran dan tindakan serta etika suci demi berkibarnya panjipanji IBU PERTIWI
Merdeka selalu mengandung aspek kebebasan, tapi bukan zamannya lagi berteriak-teriak di luar mempertontonkan kemurungan dan kesulitan bangsa sendiri tanpa solusi. Melemahkan dan menggadaikan harga diri bangsa. Kebebasan kita hari ini adalah kebebasan yang harus bisa dipertanggungjawabkan. Setiap ucapan, pikiran dan tindakan kita itu haruslah masih dalam satu wadah ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bisa dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, Bangsa dan masyarakat Indonesia.
Disampaikan pula oleh Ganjar Pranowo, ucapan “Terima Kasih” dan “Penghargaan Yang Tinggi” kepada masyarakat Jawa Tengah yang telah menunjukkan karya dan terus bekerja secara ikhlas serta penuh tanggungjawab memberikan kebermanfaatan nyata bagi bangsa. Jawa Tengah sebagai paku-bumi nya Indonesia siap memenuhi panggilan sejarah untuk bersama-sama tumbuh dan terus bergerak dalam pembangunan Negara dengan meningkatkan nilai kompetensi dan profesionalitas di berbagai bidang. Sekarang bukan saatnya berwacana apalagi retorika. Rakyat menunggu hasil dan kerja nyata kita.
Dan mengakhiri sambutannya, gubernur mengajak memekikkan salam kemerdekaan.
Upacara yang dimulai tepat pukul 7 WIB, untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat, para peserta upacara menyanyikan 3 lagu nasional.
Sebagai penutup upacara HUT RI ke-71, dibacakan do’a penutup yang antara lain rasa syukur atas karunia kemerdekaan Indonesia dan memohon agar sekuruh bangsa Indonesia bisa mengisi kemerdekaan dan menghargai perjuangan para pejuang negeri ini.

Bagikan :
Translate ยป