Ukur Kompetensi Dasar Siswa, MI Negeri 3 Purbalingga Ikuti AKMI 2021

Purbalingga– Menindaklanjuti program kegiatan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2021 berdasarkan surat Dirjen Pendis Kemenag RI Nomor B -3796 / DJ.I / Dt.I.I / PP.00 / 10 / 2021, MI Negeri 3 Purbalingga menggelar AKMI di madrasah setempat selama 6 hari diikuti seluruh siswa kelas V yang berjumlah 90 siswa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikan Kepala MIN 3 Purbalingga, Akbar Yuli Setianto dalam keterangannya, Kamis (18/11/2021).

Akbar menjelaskan, tujuan pelaksanaan AKMI tersebut adalah untuk memetakan kemampuan siswa di bidang literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya.

“Hasilnya kembali ke madrasah sebagai feed back untuk perbaikan kompetensi anak dan mutu pendidikan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan tidak semua Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Purbalingga mengikuti kegiatan AKMI.

“Dari jumlah keseluruhan 183 MI se-kabupaten Purbalingga, hanya 79 MI dari 7 Kecamatan yang mengikuti AKMI,” tambahnya.

Ketua panitia AKMI MIN 3 Purbalingga Ali Wardana mengungkapkan, madrasahnya mengikuti AKMI pada periode III, IV dan V.

“Hal ini disesuaikan dengan jumlah siswa kelas V yang berjumlah 90 anak dimana membutuhkan waktu 3 periode atau 6 hari. Selain itu juga disesuaikan dengan jadwal ANBK. Periode III pelaksanaan tanggal 13 dan 15 November, periode  IV tanggal 16 dan 17 November, serta periode V tanggal 18 dan 20 November 2021,” jelasnya.

Ali menambahkan, dalam sehari ada 2 sesi. Sesi I dimulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 10.00, sedangkan sesi II pada pukul 10.45 sampai dengan pukul 14.00 WIB.

“Satu sesi terdiri dari 20 siswa, setiap siswa harus mengikuti 2 kali pertemuan. Hari pertama literasi membaca dan literasi sains, sedangkan hari ke-2 literasi numerasi, literasi sosial budaya, dan survei karakter,” tambahnya.

Lancar

Proktor MIN 3 Purbalingga Aziz Wahyu Rahmanto menjelaskan, kegiatan tersebut berjalan lancar aman, dan tidak terkendala baik jaringan listrik maupun servernya.. Hanya pada periode IV ada 2 siswa yang berhalangan hadir.

“Pada periode IV tepatnya hari Selasa di sesi 1 ada dua siswa yang tidak bisa hadir karena sakit, untuk sesi 2 semua siswa hadir lengkap. Kami berharap sampai selesai pelaksanaan AKMI semua siswa sehat  sehingga bisa hadir,” harapnya.*

Kontributor             : Emi Minarni

Editor & Publisher    : Sarwono

Bagikan :
Translate ยป