Ukur kompetensi dasar, MIM Raja gelar AKMI

Ukur kompetensi dasar, MIM Raja gelar AKMI

MIM Sinduraja menggelar AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia)  selama dua hari. Hari pertama dilaksanakan pada  Sabtu (13/11) dan hari kedua pada Senin (15/11). Diikuti oleh 24 siswa yang terbagi dalam dua sesi. Adapun jadwal asesmen untuk Sabtu meliputi literasi membaca dan literasi sains, sedangkan pada hari Senin meliputi numerasi, literasi sosbus dan survei karakter.

Kepala MIM Sinduraja, Sukendro menjelaskan bahwa AKMI merupakan kompetensi mendasar terhadap seluruh murid madrasah jenjang MI, MTs dan MA.

“AKMI sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat, juga sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter”, jelasnya.

Sukendro melanjutkan, hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Sukendro berharap kegiatan AKMI bisa berjalan dengan lancar, dan memunculkan hasil sesuai keadaan sebenarnya dari siswa agar dapat diketahui kelebihan dan kelemahan siswa,.

“Sehingga pada akhirnya dapat memperbaiki atau membuat rancangan pembelajaran demi terwujudnya kualitas siswa dan pendidikan di Indonesia”, harapnya. ( nh)

Kontributor : Nur Hidayah ( guru MIM Sinduraja)

Editor & publisher : Sri Lestari

Bagikan :
Translate ยป