Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Pengurus OSIS MTsN 1 Purbalingga Ikuti LDK

Purbalingga – Sejumlah 38 Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs Negeri 1 Purbalingga mengikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang digelar di aula madrasah setempat selama 2 hari, Rabu – Kamis (20-21/10/2021).

Wakil Kepala Urusan Kesiswaan Azwar Usman dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut menjelaskan, kegiatan LDK bagi pengurus OSIS di madrasahnya kembali digelar secara offline setelah pada tahun sebelumnya tidak tidak diselenggarakan karena adanya wabah pandemic Covid-19.

“Pengurus OSIS yang baru terpilih beberapa hari lalu ini merupakan siswa pilihan. Saya berharap, kegiatan LDK ini dapat membentuk karakter kepemimpinan dalam diri setiap pengurus OSIS,” ungkapnya.

Azwar menambahkan, melalui pendidikan dalam LDK tersebut diharapkan para pengurus yang baru terpilih dapat menjalankan roda organisasi secara lebih optimal, solid, mampu menjadi teladan dan menjadi agent of change. Menurutnya, selama kegiatan berlangsung para peserta kegiatan akan diberi materi tentang kepemimpinan, keorganisasian, PBB /Tata Upacara, Tata tertib madrasah, dan materi baru yaitu Konten Kreatif Berbasis Sosial Media.

Kepala MTsN 1 Purbalingga Siti Mudrikah dalam materinya menjelaskan tentang kriteria menjadi seorang pemimpin.

“Menjadi seorang pemimpin haruslah dimulai dari diri sendiri. Di antaranya melalui latihan mengendalikan sifat buruk pada diri sendiri dengan sungguh-sungguh. Selain itu latihan bertindak dengan penuh tanggung jawab juga mutlak dilaksanakan,” ungkapnya.

Menurutnya, di antara karakter kepemimpinan itu adalah seorang pemimpin harus mampu berjiwa sabar, profesional, inovatif, serta mempunyai integritas yang tinggi.

“Maka dari itu melalui kegiatan LDK ini pihak madrasah bermaksud membentuk karakter siswa agar mampu berpikir dan berjiwa besar,” ujarnya.

Senang

Ketua OSIS Labib Mubarok dalam ungkapannya menjelaskan, LDK sangatlah penting dilaksanakan. Karena dalam kegiatan tersebut diajarkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan keorganisasian dan kepemimpinan (leadership). Menurutnya, ia merasa senang dan lebih bersemangat menjalankan tugas-tugas sebagai Ketua OSIS terutama ketika Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah berjalan normal.*

Kontributor            : Abas Rosadi

Editor & publisher   : Sarwono 

Bagikan :
Translate ยป