Semangat Berqurban, Tumbuhkan Kesadaran Berjiwa Sosial

Semangat Berqurban, Tumbuhkan Kesadaran Berjiwa Sosial

Purbalingga – Perayaan Hari Raya Idul Adha digunakan sebagai momentum bagi MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga (Mutulingga) berbagi untuk sesama, khususnya bagi masyarakat yang menjadi pilot proyek atau binaan.

Kegiatan ini sekaligus untuk menanamkan pendidikan karakter kepada anak didiknya agar memiliki rasa kesetiakawanan sosial yang tinggi, selain juga menjalankan perintah agama.

Hal ini salah satunya tampak pada perayaan Idul Adha 2021 M/ 1442 H, di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga yang beralamat di Jalan Alun-alun Selatan No. 2 Purbalingga. Pada Idul Adha tahun ini MTs Mutulingga melakukan penyembelihan 2 ekor sapi.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun meningkat kepedulian sosial dari para guru dan karyawan di MTs Mutulingga. Ini sangat membanggakan kami selaku kepala madrasah,” ujar Siswogo, Kepala MTs Mutulingga ketika ditanya secara virtual karena sedang menjalani isoman di rumah, Kamis (22/07).

Ia menjelaskan, dari hewan qurban tersebut, madrasah lantas membagikan lebih dari 400 paket daging dengan rincian 15 MI Muhammadiyah rekanan MTs Mutulingga. Masing-masing MIM memperoleh 10 bungkus daging, para tukang becak sekitar Komplek Perguruan Muhammadiyah Purbalingga, para shohibul qurban yang membawa pulang untuk tetangga dengan jumlah maksimal 15 bungkus.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para shohibul qurban yang telah memberikan amanah kepada kami untuk menyembelih dan membagikan paket daging qurban kepada yang membutuhkan.Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT,” sambungnya.

Motivasi

Sementara itu, Wakil Kepala Urusan Sarana dan Prasarana, Immawan Muhammad Ghufron, S.Pd.I selaku ketua panitia penyembelihan dan pentasyarufan menambahkan, kepiawaian kepala madrasah memotivasi guru maupun karyawan mampu menggerakkan kebersamaan madrasah dan menumbuhkan kesadaran berjiwa social untuk berbagi kepada sesama.

“Upaya ini tidak hanya dilakukan pada Iduladha saja namun juga di kegiatan keagamaan lainnya, seperti Idul Fitri dengan pembagian zakat fitrah, Ramadhan dengan kegiatan berbagi takjil dan masker”, kata Immawan.

Inisiatif Guru dan Karyawan

“Penekanan kami bukan hanya masalah akademik tetapi juga pendidikan moral spiritual harus seiring sejalan. Terutama kepedulian terhadap orang lain dan masyarakat sekitarnya,” kata Murniati,  selaku Wakil Kepala Urusan Kehumasan.

Seluruh hewan qurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari guru dan karyawan MTs Mutulingga. Karena selama ini asumsi masyarakat apabila qurban di madrasah atau sekolah adalah iuran latihan qurban dari siswa yang kemudian terkumpul dana dan dibelikan hewan qurban dengan harga sesuai dana yang terkumpul. Selanjutnya pengelola adalah guru. Pembagiannya sama yaitu untuk masyarakat yang kurang mampu

“Hal ini tidak dengan MTs Mutulingga, dana pembelian hewan qurban adalah adalah inisiatif para guru yang kemudian diapresiasi dengan baik oleh kepala Madrasah. Perhitungan 11 bulan, ada yang tiap bulan setor dengan cara menitip ke bendahara qurban, ada yang potongan HR tiap bulan bahkan ada yang langsung tunai pada bulan ke 10. Semakin tahun semakin meningkat kualitas hewan qurban yang dibeli baik secara harga maupun jumlah pembelian”, terang Murni.

Murni menjelaskan, kegiatan ini melibatkan seluruh guru dan karyawan MTs Mutulingga, mulai dari penyembelihan, penethel daging, pembagi sampai membungkus bahkan mencuci kotoran hewan qurban. Kerjasama, gotong royong dan rasa kekeluargaan yang mendorong dan membuat semangat para penghuni MTs Mutulingga. Pukul 11.00 semua sudah selesai packing tinggal pembagian. Alhamdulillah adzan dhuhur berkumandang dari masjid komplek semua telah kelar. Dilanjut shalat berjamaah.

Para penerima yaitu dari 15 MI Muhammadiyah di Purbalingga sebagai terundang mengambil satu per satu sesuai daftar yang sudah disediakan. Dan tidak lupa protocol kesehatan tetap di terapkan. Semoga qurban tahun yang akan datang akan bertambah tidak hanya 15 MI Muhammadiyah namun juga SD sekitar Purbalingga dapat terjangkau.

Inspirasi Kepedulian

Mereka merasakan kedekatan dengan MTs Mutulingga menjadi lebih. Terima kasih dan doa yang terucap sangat memotivasi MTs Mutulingga untuk terus bergerak dan berinovasi tiada henti. Dukungan dan harapan untuk bekerja sama dengan Mutulingga semakin terbuka lebar

 “Semangat berqurban menjadi inspirasi dan simbol kepedulian antar sesama untuk saling berbagi. Ini juga meningkatkan semangat kerukunan, mempererat tali persaudaraan, dan toleransi di antara sesama madrasah ibtidaiyah dan masyarakat sekitar”, pungkasnya.)*

)*Kontributor berita : Murniati, S. Ag ( Wa Kaur Kehumasan MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga )

editor & publisher : sri lestari

Bagikan :
Translate ยป