Semakin Berkelas, MI Negeri 3 Purbalingga Siap Menerima Peserta Didik Baru

Purbalingga – Tahun pelajaran 2020/2021 akan segera berakhir. MI Negeri 3 Purbalingga sebagai salah satu madrasah dengan predikat Terakreditasi “A” siap melaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2021/2022 secara online maupun offline. Hal tersebut disampaikan Kepala MI Negeri 3 Purbalingga Akbar Yuli Setianto di ruang kerjanya, Senin (24/5/2021).

Akbar menjelaskan, informasi dan pendaftaran secara online dapat diakses melalui laman http://www.min3purbalingga.mysch.id . Sedangkan pendaftaran untuk offline calon peserta didik baru atau orang tua/wali dapat langsung mengambil formulir pendaftaran di MIN 3 Purbalingga pada jam kerja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pengisian dan pengembalian formulir ke madrasah maksimal 3 hari setelah pengambilan. Dari data yang kami terima sudah ada beberapa formulir yang masuk dari para pendaftar, bahkan salah satu Kepala RA Ibu Suparni dari RA Diponegoro 1 Wirasaba menyampaikan 100% calon alumni lulusan RA binaannya akan mendaftar sebagai calon peserta didik baru di madrasah kami,” jelasnya.

Akbar menambahkan, program unggulan di lembaga pendidikannya meliputi pembelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA Metode Yanbu’a), Tahfidzul Qur’an, dan Pramuka.

“Pembelajaran BTA/ Yanbu’a dilaksanakan satu jam sebelum KBM dengan 25 ustadz/ustadzah. Program Tahfidz Al Qur’an khusus untuk juz 30, pelaksanaan kegiatan juga sebelum KBM. Sedangkan ekskul Pramuka dilaksanakan setelah KBM,” jelasnya.

Ia menambahkan, salah satu prestasi gemilang yang pernah diraih di bidang kepramukaan adalah menjadi Juara II Persari tingkat Kwarda Jawa Tengah tahun 2020. Selain itu salah satu Pembina Pramuka di Pangkalan Gugus Depan (Nanang Kosim) merupakan salah satu Pembina Siaga Terbaik (Peringkat III) Tingkat Kwarda Jawa Tengah.

Menurutnya, keunggulan lainnya yaitu pelaksanaan ujian di MIN 3 Purbalingga juga sudah berbasis komputer mandiri. Sedangkan terkait kegiatan pembiasaan, menurutnya madrasah yang dipimpinnya menyelenggarakan beberapa kegiatan. Yaitu do’a harian, tadarus Al Qur’an, sholat dhuha, dan sholat dzuhur berjama’ah.

Sedangkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan meliputi : Pramuka, renang, drumband, hadroh, bulu tangkis, sepak bola, volly, kentongan dan beberapa ekstrakurikuler lain sesuai bakat dan minat siswa.

“Dengan program unggulan, pembiasaan, ekstrakurikuler dan juga KBM diharapkan bisa mewujudkan visi dari madrasah kami yaitu terwujudnya generasi yang bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta unggul dalam prestasi,” harapnya.

Menurutnya untuk mewujudkan visi dan misi MIN 3 Purbalingga dibutuhkan kualitas dan keunggulan tenaga pendidik madrasah.

“Di madrasah kami seluruh guru berstatus ASN/PNS Kemenag, berkualifikasi pendidikan S1 dan S2, serta sudah bersertifikat pendidik. Selain guru, semua pegawai MIN 3 Purbalingga juga handal sesuai bidangnya masing-masing,” lanjutnya.

Waka Kesiswaan Edy Soegiharto selaku Ketua Panitia PPDB menjelaskan, prioritas penerimaan siswa baru pada tahun ini hanya 3 kelas.

“Disesuaikan dengan ruangan yang ada, ke depannya jika PTM sudah diizinkan keseluruhan siswa akan dikondisikan bisa mengikuti KBM di madrasah semua. Sehingga rencananya kami hanya menerima 3 kelas dengan kapasitas 28 siswa perkelas sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Sehingga total 84 siswa,” jelasnya.

Edy menambahkan, fasilitas yang disediakan diantaranya gedung berlantai dua yang representatif, tersedianya beasiswa bagi yang tidak mampu, gratis biaya pendidikan/SPP, pembelajaran menggunakan IT dan Kurikulum 13, tersedianya ruang perpustakaan, mushola, koperasi madrasah dan halaman bermain yang luas serta tersedianya mobil antar jemput bagi siswa yang jauh. (emi/sar)

 

Bagikan :
Translate ยป