Pokjaluh Purbalingga Mengadakan Baksos

Purbalingga – Kelompok Kerja Penyuluh ( Pokjaluh ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga pada hari Selasa tanggal 24 Februari 2015 menggelar pengajian dan bakti sosial di Desa Mipiran Kecamatan Padamara, Purbalingga. Dalam kegiatan tersebut sejumlah warga memperoleh bantuan, termasuk untuk program renovasi rumah tidak layak huni untuk warga disejumlah desa.

              Ketua Panitia Ahmad Sutikno, menuturkan kegiatan tersebut terselenggara berkat kerjasama Kantor Kementerian Agama dengan Badan Amil Zakat ( Baznas ) Kabupaten Purbalingga. Pada tahun 2015 ini akan dilaksanakan kegiatan serupa sebanyak 5 kali. “ Pada kesempatan kali ini, panitia membagikan paket sembako untuk 100 orang di Desa Mipiran“ tuturnya. Selain itu diserahkan pula bantuan untuk program renovasi rumah tidak layak huni kepada lima keluarga di beberapa desa di Kecamatan Padamara.

              Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga H.Rochiman, S.Ag.MH, mengatakan ibadah ritual dan ibadah sosial harus ada keseimbangan, karena kedudukannya bagaikan dua sisi mata uang. “ Disatu sisi umat Islam dituntut untuk melaksanakan ibadah ritual, seperti sholat, tadarus Al-Qur’an, puasa dan naik haji. Di sisi lain juga harus melakukan ibadah sosial, sehingga kita dapat menjadi orang yang solih secara ritual sekaligus solih secara sosial”.

               H. Rochiman menambahkan,”ibadah ritual harus disandingkan dengan ibadah sosial. Sebab ada saja orang yang semangat melakukan ibadah ritual, tetapi mengabaikan ibadah sosial, seperti menyantuni saudaranya yang lemah dan miskin. Karena itu kami sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial ini”, lanjutnya.

              Sementara itu, Bupati Purbalingga Drs. H. Sukento Rido Marhaindriyanto, MM berharap agar kegiatan tersebut terus dilaksanakan. “ Kalau bisa kegiatan pengajian dan bakti social ini berjalan terus dan lebih sering”, katanya.

              Usai menyampaikan ceramahnya, Bupati Purbalingga bersama Kepala Kemenag Kab. Purbalingga menempatkan beramah tamah dengan warga desa penerima bantuan. (H. Rochiman)

Bagikan :
Translate »