POKJALUH PURBALINGGA AJAK UMAT TINGKATKAN PENGABDIAN KEPADA ALLAH MELALAUI ZAKAT

Purbalingga – Rabu, 28 September 2016, Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga  kali ini menggandeng Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kecamatan Karangjambu dan Warga Desa Purbasari Kecamatan Karangjambu untuk menggelar kegiatan Pengajian Umum dan Bakti Sosial. Komplek Masjid Baitul Muslimin Desa Purbasari menjadi pilihan tempat kegiatan ini dilaksanakan. Pukul 08.00 wib terlihat warga mulai berduyun-duyun menghadiri kegiatan yang ke-17 kalinya digelar oleh Pokjaluh Purbalingga.

K. M. Soderi selaku Ketua Panitia Pelaksana menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih, “ Sugeng rawuh untuk semuanya, jazakallahu khairan katsiran kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini ” begitu ungkapnya. Selanjutnya, beliau mengharap kegiatan ini mendapat ridlo Allah SWT dan mendatangkan manfaat bagi kita semua baik di dunia maupun di akhirat.

Camat Karangjambu yang diwakili oleh Sekcam menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan ini di wilayah Kecamatan Karangjambu. Imam Subiyakto selaku Ketua Baznas Purbalingga juga mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

“Filosofi dari kegiatan ini adalah kepedulian sosial dan kebersamaan semua elemen dari unsur pemerintah dengan masyarakat, kami merasa terbantu sekali dengan kegiatan semacam ini, kami dapat mensosialisasikan dan menyalurkan dana Baznas, sekaligus kami juga dapat menyampaikan pertanggungjawaban pengurus Baznas kepada kepada umat “, ungkap beliau dalam kesempatan sambutan pada acara tersebut.

Hal senada disampaikan pula oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, H. Ahmad Muhdzir, S.Ag, MM, dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pokjaluh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga. Meski masih dalam jumlah personil yang masih sedikit tetapi dapat membidani kegiatan yang besar dengan menggandeng semua unsur baik pemerintah maupun masyarakat.

“ Sebagai garda terdepan Kementerian Agama, para Penyuluh Agama menjadi tolok ukur peran Kementerian Agama, untuk itu ide-ide kreatif dan inovatif yang mendatangkan kemaslahatan umat untuk terus bisa dimunculkan “ ukapan harapan beliau.

Bupati Purbalingga, H Tasdi juga memberikan apresiasinya pada kegiatan ini. “Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Purbalingga yang telah membina Pokjaluh, sehingga dapat berperan dalam pembangunan Purbalingga” katanya. “Tidaklah Allah menciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi (kepada Allah), ayat inilah yang menjadikan spirit kami juga untuk terus kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas membangun Purbalingga” ungkapnya. Selepas sambutan Bupati dilanjutkan dengan penyerahan bantuan secara simbolis.

Pengajian Umum

“Zakat sebagai salah satu rukun Islam merupakan salah satu sarana pengabdian yang diwajibkan oleh Allah, kalau rukun Islam yang lainnya sudah dilaksanakan maka seharusnya berlaku demikian pula untuk Zakat” kata KH. Roghib Abdurahman dalam tausiyahnya. Lebih lanjut, Pengasuh Pondok Pesantren “ Darul Ishlah” Sokawera, Padamara, Purballingga ini mengajak umat Islam khususnya bagi yang belum melaksanakan kewajiban Zakat untuk membayarkan Zakatnya. “Bagi yang belum dan masih enggan melaksanakan rukun Islam yang satu ini (Zakat-red), mari tingkatkan pengabdian kepada Allah melalui Zakat” ajaknya.

Bakti Sosial

Beberapa bantuan yang disalurkan dalam kegiatan ini adalah, 100 paket sembako senilai Rp. 10.000.000,-; bantuan rehab rumah tidak layak huni untuk 10 rumah senilai Rp. 35.000.000,-;  bea siswa untuk 6 siswa SLTP tidak mampu senilai Rp. 3. 240.000,-;  bea siswa untuk 1 siswa  SLTA tidak mampu senilai Rp. 780.000,-; dan bantuan zakat produktif untuk 5 pengusaha/pedagang kecil senilai Rp. 2. 250.000,-.

Selain itu juga diberikan bantuan berupa 20 mushaf al Qur’an dan 100 Juz ‘Amma senilai Rp. 2.000.000,- serta paket alat shalat senilai Rp. 500.000,-. “ Jadi Jumlah total bantuan yang disalurkan sekitar Rp. 53.770.000,-“ ungkap Khikam Aziz selaku Ketua Pokjaluh Purbalingga sekaligus Ketua SC dalam kepanitiaan. Ia juga menuturkan “Dua rangakaian kegiatan yang disinkronkan dalam satu acara ini semoga bisa terus didukung oleh semua pihak, sehingga kebersamaan dalam menebar manfaat untuk umat dapat diistiqomahkan”.

Acara yang diakhiri dengan do’a pada pukul 12.00 wib ini dihadiri oleh berbagai unsur, diantaranya adalah dari Pemda Purbalingga yang dimotori Bupati dan beberapa SKPD, Plt. Kakankemenag beserta Kasi Bimas Islam, Ketua Baznas beserta pengurusnya, Camat Karangjambu, Kepala KUA Kec. Karangjambu, Se-Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Karangjambu, Pimpinan Ponpes, Ketua Ormas Keagamaan, para tokoh agama – masyarakat di Wilayah Kecamatan Karangjambu serta warga Desa Purbasari dan para penerima bantuan.  

Bagikan :
Translate »