Perjumsa Gembleng Mental dan Fisik Penggalang

Purbalingga – Dalam rangka melaksanakan program kerja tahunan, Gugus Depan Pramuka MTs Negeri 2 Purbalingga melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat Malam Sabtu (Perjumsa) yang diikuti oleh 40 anggota Pramuka Penggalang. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari , Jumat-Sabtu (13-14/04) berpusat di komplek MTs Negeri 2 Purbalingga.

Pembina Pramuka, Said Mawardi menjelaskan, kegiatan Gerakan Pramuka Adventur Penggalang Mts N 2 Purbalingga ini diikuti 5 Regu Pramuka Penggalang.

“Kegiatan ini diikuti 40 siswa yang terdiri dari 3 Regu Putri  dan 2 Regu Putra. Selain membina mental dan melatih kekuatan fisik siswa, kegiatan ini  bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kepramukaan khususnya penggalang inti di madrasah kami,” ungkapnya.

Ia menambahkan, di antara kegiatan utama yang dilaksanakan adalah penjelajahan. Kegiatan tersebut   sangat membutuhkan kekuatan fisik dan mental peserta dikarenakan beberapa faktor. Pertama, karena jarak tempuhnya cukup jauh. Rutenya dari Madrasah (di Desa Gandasuli) melewati Desa Majapura, Kalapacung, Pakuncen, hingga sampai di Padukuhan Dagan Legok, melewati Situs Purbakala Batu Menhir di komplek Pamujan Desa Dagan. Peserta kembali lagi ke Madrasah melalui rute yang berbeda yaitu dari  Desa Dagan melewati Desa  Karangtalun, Pakuncen, Bobotsari hingga kembali ke madrasah di desa Gandasuli. Kedua, pemberangkatan kegiatan penjelajahan dilakukan pada malam hari yang cukup dingin. Ketiga, medan yang dilalui berupa persawahan, jalan desa berbatu, jalan aspal dan medan jalan yang sangat menanjak adapula yang cukup terjal untuk dituruni.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan kegiatan Bakti Sosial dengan membagikan sembako kepada  masyarakat yang tidak mampu di desa Dagan berupa sarimi, beras, dan telur dengan harapan bermanfaat bagi masyarakat di sana.

“Ini juga menjadi kegembiraan tersendiri bagi para Penggalang Inti MTsN 2 Purbalingga karena sebagian dari mereka telah terpilih menjadi anggota kontingen Kwarran Bobotsari yang berhasil menyabet Juara II dalam Gelar Ketrampilan Penggalang Tingkat Kwarcab Purbalingga 2018,” ungkapnya. (sar/ )

Bagikan :
Translate ยป