Peringati Hari Guru Nasional, MGMP Bahasa Inggris Gelar Story Telling Competition

Purbalingga – Sejumlah 56 siswa dari berbagai Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri dan swasta di Kabupaten Purbalingga mengikuti Story Telling Competition yang digelar MGMP Bahasa Inggris MTs Kabupaten Purbalingga di komplek MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga.

Ketua Panitia sekaligus Ketua MGMP Abas Rosadi dalam keterangannya, Senin (29/11/2021) menjelaskan, kegiatan kompetisi tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang diperingati 25 November 2021.

“Kegiatan Story Telling Competition dilaksanakan pada 24 November lalu, dimulai pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 19.00 malam,” jelasnya.

Abas menuturkan, tujuan lain dari penyelenggaraan kompetisi ini adalah menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap perjuangan dan dedikasi guru.  

“Selain itu juga untuk mengasah kapabilitas dan kreativitas siswa-siswi MTs se-Kabupaten Purbalingga dalam  berbahasa Inggris. Terutama setelah vakum selama hampir 2 tahun akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ia merasa bersyukur karena dari awal panitia memprediksi jumlah peserta hanya 41 siswa mewakili 41 MTs se-kabupaten Purbalingga. Namun ternyata sampai pendaftaran ditutup tercatat 57 siswa mendaftarkan diri sebagai peserta lomba.

“Oleh karenanya, panitia membagi  peserta menjadi 2 shift pagi dan siang sehingga mengurangi kerumunan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Panitia sangat berterima kasih dengan dukungan dari semua pihak terutama Pengawas MTs Bapak Sodikin dan Ketua KKM MTs Ibu Siti Mudrikah sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” ungkapnya.

Abas menambahkan, dewan juri diambil dari luar MGMP MTs Bahasa Kabupaten Purbalingga utnuk menjaga independensi penilaian.

“Kami mengundang Rahmi Oktarini, S.Pd. Mahasiswa S2 PBI UMP, Penerima Beasiswa dari Pemprov Jawa Tengah, peserta Short Course di University of Southtern Queensland  di  Australia Tahun 2018 dan Desy Risky Ariani, S.Pd. Gr. Keduanya adalah Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Bobotsari,” jelasnya.

Karena jumlah peserta yang membludak maka pengumuman dilakukan pada malam hari pukul 19.30.  Dengan hasil kejuaraan sebagai berikut:

Juara 1                         : Annisa Nur Fitria                  (MTsN 3 Purbalingga)
Juara 2                         : Angelika Ramandani            (MTsN 1 Purbalingga)
Juara 3                         : Ainaya Rakhmaningtyas       (MTsN 3 Purbalingga)

Juara Harapan 1          : Rara Mau Dienda                 (MTs Muhammadiyah 06 Purbalingga)
Juara Harapan 2          : Balqis Aliyya                        (MTs Ma’arif NU 06 Bojongsari)
Juara Harapan 3          : Karenina Jayanti                  (MTs Ma’arif 05 Majasari)

Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Pembagian hadiah dilaksanakan Kamis (25/11/2021) pukul 11.00 di aula MTs 10 Purbalingga.

Dalam sambutannya Pengawas MTs Sodikin mengapresiasi peserta, pembimbing dan panitia yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan semacam itu bisa dilakukan secara berkesinambungan.*  (sar)

Bagikan :
Translate ยป