Pembina Siaga MIN 3 Purbalingga Terima Penghargaan Lencana Pancawarsa 1

Purbalingga – Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Purbalingga sebagai salah satu Pangkalan Gugus Depan Pramuka pada tingkat pendidikan dasar dari waktu ke waktu semakin menunjukkan eksistensinya.

Pangkalan Gugus Depan Pramuka yang pernah meraih posisi terbaik di tingkat Kwarcab Purbalingga pada kegiatan Pesta Siaga beberapa waktu lalu kini semakin mendapatkan perhatian Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga.

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (KaMabigus) Pangkalan MI Negeri 3 Purbalingga Akbar Yuli Setianto dalam keterangannya Sabtu (11/9/2021) menjelaskan, Pembina Siaga Putra MI Negeri 3 Purbalingga atas nama Nanang Kosim baru-baru ini menerima Piagam Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa 1 pada peringatan HUT Pramuka ke-60 Tahun 2021 di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga.

Akbar dalam keterangannya memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Pembina Siaga Putra andalan madrasahnya tersebut.

“Selamat dan sukses kepada pak Nanang Kosim, semoga ke depannya Pangkalan Gugus Depan MIN 3 Purbalingga akan lebih baik dan lebih maju lagi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu Nanang Kosim juga memperoleh Penghargaan sebagai Terbaik III Pembina Siaga Tingkat Kwarda Jawa Tengah. Pemberian penghargaan diterimanya di Semarang.

“Sedangkan Piagam Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa 1 diterimanya pada peringatan HUT Pramuka ke-60 Tahun 2021 Senin (30/9) lalu di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga,” tambahnya.

Penerima penghargaan Nanang Kosim dalam keterangannya menjelaskan, penerimaan penganugerahan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) tersebut diberikan kepada anggota Dewasa Gerakan Pramuka yang aktif 5 tahun terakhir.

“Penghargaan Lencana Pancawarsa tersebut diberikan Gerakan Pramuka atas kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan, dan ketertiban sebagai seorang anggota Dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan tugas dan kewajibannya selama 5 tahun,”jelasnya.

Nanang menambahkan dirinya merupakan salah satu dari sejumlah anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga yang menerima penghargaan. Menurutnya, piagam yang ditandatangani  Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Hj. Siti Atikoh Suprianti,S.T.P.,M.T.,M.P.P. atas nama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka diberikan kepada anggota gerakan Pramuka se-Jawa Tengah.

“Untuk Kwarcab Purbalingga ada 26 penerima, termasuk saya di dalamnya,” tambahnya.

Menurutnya untuk 5 tahun ke depan dan seterusnya dirinya akan berusaha untuk terus aktif dalam Gerakan Pramuka.

“Pada acara tersebut ada penerima piagam penghargaan Lencana Pancawarsa 2, Pancawarsa3, bahkan ada yang Pancawarsa 7. Hal ini memotivasi saya untuk terus aktif seperti mereka,” ungkapnya.*

Kontributor          : Emi Minarni

Editor & publisher : Sarwono

Bagikan :
Translate ยป