Mantan Petugas Haji Purbalingga Bentuk Kepengurusan FKAPHI

Purbalingga- Menindaklanjuti hasil meeting zoom dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah terkait Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mengundang 25 mantan Petugas Haji di wilayahnya, Selasa, 16 Maret 2021.

“Ide awal lahirnya Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) ini berasal dari Bapak H. Khoirizi H. Dasir selaku Direktur Bina Haji saat Rakernas Kementerian Agama RI tahun 2018 untuk membentuk sebuah forum yang dapat mengoptimalkan pemberdayaan alumni petugas haji. Ide tersebut mendapat sambutan positif dari para alumni petugas haji serta jajaran pimpinan kementerian agama dan akhirnya FKAPHI berdiri dan diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Kemenag RI pada 3 Juni 2018 M/19 Ramadhan 1439 H bertepatan dengan penutupan pelatihan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 2018 M/1439 H di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta”, Dikutip dari sejarah singkat berdirinya FK APHI.

Dalam kegiatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono menyamapiakan Arah dan tujuan FKAPHI kepada perwakilan undangan yang hadir. Perwakilan undangan mantan Petugas Haji ini terdiri dari berbagai unsur yakni, Pemerintah daerah, Dinas Kesehatan, MUI, Umum dan dari Intern Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga.

“Undangan ini adalah undangan orang-orang hebat. Karena sebagai Petugas Haji, hal yang harus dilakukan adalah bagaimana dapat melaksanakan haji yang mabrur untuk dirinya sendiri agar dapat mensukseskan haji yang mabrur bagi orang lain yang menjadi tanggungjawab tugasnya sebagai Petugas Haji, maka dari itu perlu adanya pemberdayaan petugas haji akan pentingnya pengalaman setelah bertugas. ”, ungkap Karsono.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembentukan Tim Formatur. Tim Formatur selanjutnya akan mempelajari dan mengkaji ART FKAPHI sebagai langkah awal dalam pembentukan kepengurusan selanjutnya. Tim Formatur terpilih terdiri dari masing-masing unsur yang hadir yakni Subeno dari Pemda,Gunawan dari Dinas Kesehatan, Roghib dari MUI, Ali Sudarmo dari Umum dan Mukhlis Abdillah dari Kantor Kementerian Agama Kab Purbalingga.

“Petugas Haji adalah Petugas Haji sepanjang hayat. Tidak hanya pada saat bertugas saat ibadah haji saja, namun penyampaian pengetahuan tentang Ibadah haji kepada masyarakat sekitar baik dalam dakwah maupun bimbingan manasik sampai kapanpun dapat dilaksanakan. Dengan terbentuknya Tim Formatur ini, diharapkan kepengurusan segera dibentuk untuk segera Kami kirimkan data ke Kanwil Kemenag Prov Jateng sebagai data yang akan dilantik selanjutnya”, ungkap Hamimah selaku Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh.

Hamimah juga menyampaikan kepada tamu undangan yang sudah pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan manasik haji agar segera mengumpulkan dan melaporkan hasil dan sertifikatnya. Agara Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga memiliki data yang falid guna kelengkapan data para pembimbing manasik haji diwilayah Purbalingga.(DS)

Bagikan :
Translate ยป