Kwarran Bobotsari Gelar Pesta Siaga

Purbalingga – Kwartir Ranting (Kwarran) Bobotsari menggelar Pesta Siaga di lapangan Mekarjaya Bobotsari, Sabtu (15/2/2020). Kegiatan dibuka Camat Bobotsari selaku Kamabiran, Sadono.

Ketua Panitia Hernani mengatakan, Pesta Siaga ini bertujuan untuk membina dan mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan sesama Pramuka Siaga.

“Mengembangkan sikap terbuka dan berbagi dengan sesama Pramuka dengan tukar menukar pengalaman, pengetahuan dan kecakapan,” katanya.

Selain itu juga untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan serta kesadaran berbangsa dan bernegara, membentuk pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan, serta melatih ketahanan mental, jasmani dan ruhani.

Acara ini berisi kegiatan bersama antara Perindukan Siaga mulai tingkat gugus depan, kwartir ranting dan kwartir cabang,” ujarnya.

Hernani menambahkan, kegiatan diikuti Pramuka Siaga dari 28 Gudep SD/MI se- Kecamatan Bobotsari. Mereka berlomba dalam sejumlah cabang atau taman.

“Antara lain taman agama, taman kepribadian, pengetahuan umum, kepramukaan, tali, kompas, baris berbaris, lempar gelang, kesenian, bumbung siaga dan administrasi,” jelasnya.

Dari hasil kegiatan tersebut  barung tergiat 1,2 dan 3 putra masing-masing diraih Barung Siaga  SDN 1 Bobotsari, SDN 1 Gandasuli dan SDN 1 Kalapacung. Adapun Juara Harapan 1,2 dan 3 masing-masing diraih oleh Barung Siaga dari pangkalan SDN 1 Majapura, MIMA NU Karangmalang dan SDN 1 Karangduren.

Sedangkan untuk Barung Tergiat 1,2 dan 3 Putri masing-masing diraih oleh Barung Siaga dari pangkalan SDN 1 Karangmalang, SDN 1 Kalapacung, dan MIMA NU Limbasari.Adapun  Juara Harapan 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh Barung Siaga dari pangkalan SDN 1 Bobotsari, SDN 1 Dagan dan MIMA NU Karangmalang. (sar).

Bagikan :
Translate ยป