Kunjungan Dirjen PHU pada layanan Siskohat Haji

Senin, 1 Maret 2021 – Demi Menjaga kontinuitas pelayanan Siskohat yang mampu menunjang layanan haji di seluruh Indonesia baik pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota,perlu dilaksanakan kunjungan dalam rangka  Pendampingan teknis dan Rekonfigurasi Perangkat Siskohat Tahun 2021.

Dalam kunjungan ini, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia menugaskan Danni Haryono selaku Pelaksana pada Subdit Data dan SIHDU dan Chairubby selaku Pranata Komputer Ahli Pertama. Keduanya mengunjungi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dengan di dampingi seorang petugas dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

“Pengoperasian aplikasi Siskohat harus menggunakan versi peramban dengan versi tertentu. Peramban tersebut tidak boleh ada update agar dapat menjalankan fitur-fitur yang ada seperti webcam dan finggerscaner. Maka pengaturan fitur tersebut harus dimatikan otomatis update nya. Apabila peramban tersebut ter update, maka fitur yang ada akan tidak dapat berfungsi, sehingga akan menghambat pelayanan haji”, ungkap Danni.

Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, beberapa pekan terahir sudah memulai digitalisasi dokumen haji. Dokumen-dokumen haji dilakukan scan dengan hasil format pdf. Mengingat pendaftar yang selaalu bertambah akan semakin menumpuknya berkas atau dokumen para pendaftar haji yang masih lama masa tunggu keberangkatannya. Sehingga digitalisasi file ini diharapkan akan dapat menjadi efisiensi pengarsipan dokumen haji.

“Dengan fasilitas scanner yang memadai, diharapkan akan dapat membantu mempercepat proses digitalisasi dokumen haji. Sehingga proses pengunggahan file dokumen haji ke Aplikasi Siskohat dapat segera terselesaikan”, Ungkap Rubby.

Dengan kunjungan Tim dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesai terkait pelayanan Siskohat, akan dapat menjaga kelancaran pelayanan haji disetiap Kabupaten/Kota.(DS)

Bagikan :
Translate ยป