Purbalingga (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga meraih dua penghargaan pada kegiatan Evaluasi Program Kerja Tahun 2025 yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di Tawangmangu, Selasa (18/11/2025). Dua penghargaan tersebut masing-masing adalah Satker dengan Kinerja Terbaik Tahun 2025 dan Satker Pilot Project Pembangunan Zona Integritas (PZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2025.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Saiful Mujab, kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Zahid Khasani dan kepada beberapa Kankemenag Kabupaten /Kota se-Jateng.
Dalam sambutannya, Kakanwil Saiful Mujab menyampaikan apresiasi atas capaian Kankemenag Kabupaten/Kota yang dinilai konsisten menunjukkan peningkatan kinerja dan kualitas layanan publik.
“Kankemenag kabupaten/kota sudah menunjukkan capaian sangat positif pada tahun 2025. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, serta budaya kerja berintegritas berjalan dengan baik. Kami mengapresiasi seluruh jajaran di Kankemenag kabupaten/kota yang mampu menjaga disiplin, soliditas, dan komitmen untuk terus melakukan perbaikan,” ungkapnya.
Kakanwil juga menegaskan bahwa penghargaan tersebut diharapkan dapat memperkuat motivasi satuan kerja untuk terus meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang.
Menanggapi penghargaan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Purbalingga, Zahid Khasani, menyampaikan rasa syukur dan penghargaan kepada seluruh ASN yang terlibat dalam pencapaian tersebut.
“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran. Kami memandangnya sebagai amanah sekaligus dorongan untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperkuat budaya kerja berbasis integritas,” ujarnya.
Zahid menambahkan bahwa pencapaian pada program PZI menjadi indikator meningkatnya kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.
“Keberhasilan ini mencerminkan komitmen kami dalam memberikan pelayanan yang semakin efektif, responsif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Kami akan terus memperkuat inovasi dan kolaborasi untuk memastikan penyelenggaraan layanan berjalan optimal,” tegasnya.
Dengan raihan dua penghargaan tersebut, Kemenag Purbalingga diharapkan terus menjaga komitmen dalam melaksanakan program prioritas Kementerian Agama, memperkuat integritas, serta meningkatkan kualitas layanan publik sebagai bagian dari reformasi birokrasi.
Kontributor/Publisher : Sri Lestari