Kepala Kankemenag Lepas Kontingen KSM 2019

Purbalingga –  Karakter madrasah di Purbalingga adalah bermental juara, hal tersebut terbukti dengan keberhasilnya meraih prestasi pada kompetisi dalam berbagai bidang. Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono pada acara Pelepasan Kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten Purbalingga, Rabu (14/08) di Aula Uswatun Hasanah.

Karsono menegaskan, setelah persiapan dilakukan secara maksimal, tingkatkan kepercayaan diri selanjutnya berserah kepada Allah SWT agar langkah-langkah kita selalu dalam pengawasan dan petunjuk-Nya. Ia berharap, KSM dapat menjadi ajang kompetisi pengembangan bakat dan minat di bidang sains antar siswa madrasah.

“Harapannya, KSM dapat mengembangkan sekaligus melahirkan bakat dan minat generasi di madrasah kita dalam bidang sains sehingga menjadi generasi yang mampu bersaing di dunia internasional,” ungkapnya.

Ia menegaskan, peserta yang dilepas akan mengikuti ajang KSM Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 yang digelar 15-16 Agustus di Kabupaten Kebumen. Peserta yang dilepas berjumlah 33 peserta yang merupakan para juara KSM tingkat Kabupaten Purbalingga yang digelar 20 Juli lalu di MAN Purbalingga.

Para peserta terdiri dari siswa-siswi Madrasah ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Mereka akan didampingi oleh 11 official dan 33 orang guru pendamping. Cabang lomba meliputi Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Jenjang MTs meliputi Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi dan IPS Terpadu Terintegrasi. Adapun jenjang MA terdiri atas bidang Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi.

Karsono berharap dalam kompetisi ini para peserta agar dapat mengikuti lomba dengan sungguh-sungguh namun tidak ada beban sehingga dapat mengalir apa adanya seperti yang sudah dipersiapkan.

“Saya yakin baik guru pembimbing maupun peserta sudah berlatih sedemikian rupa. Bismillah saja, ikuti dengan tenang, Insya Allah hasil akan mengikuti proses. Kami berdoa semoga kontingen KSM Purbalingga memperoleh prestasi menuju tingkat nasional. Terima kasih kepada semua pihak dan selamat berkompetisi,” pungkasnya.

Salah satu peserta, Febrian siswi MI Ma’arif NU Buara Kecamatan Karanganyar peserta KSM bidang Matematika Terintegrasi menyatakan telah siap mengikuti kompetisi di tingkat provinsi tersebut.

“Saya banyak berlatih menjawab soal-soal matematika bersama guru pembimbing. Semoga saya dapat mengikuti KSM dengan maksimal dan mengharumkan madrasah di Purbalingga dan sukses menuju tingkat nasional, “ tutur gadis manis yang bercita-cita menjadi dokter tersebut. (sri/sar)

Bagikan :
Translate ยป