Kecamatan Purbalingga Terbaik I di Ajang Kreativitas KKGRA AKTIP BANGGA

 

Purbalingga –  Kelompok Kerja Guru Raudlathul Athfal AKTIP Kabupaten Purbalingga (KKGRA AKTIP BANGGA) sukses menggelar Ajang Kreativitas Lomba Pembuatan Video Pembelajaran untuk guru-guru RA se-Kabupaten Purbalingga.

Ketua KKGRA AKTIP BANGGA Siti Khasiroh dalam keterangannya Rabu (17/3/2021) menjelaskan, lomba tersebut merupakan salah satu program kerja KKGRA Aktip Bangga di tahun 2021.

“Kegiatan ini adalah follow up dari program sebelumnya di bulan Februari, yaitu webinar dengan tema Sinau Bareng KKGRA membuat vidio pembelajaran,” jelasnya.

Ia mengungkapkan,  tujuan digelarnya event tersebut adalah untuk memotivasi para guru RA/BA/TA di kabupaten Purbalingga agar tetap produktif, kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan pendidikan meski di masa pandemi.

“Adanya akun youtube KKGRA Aktip Bangga semoga bisa menjadi wadah kreativitas sekaligus ajang berbagi kemanfaatan pendidikan yang lebih luas. Ke depan KKGRA Aktip Bangga akan terus menghidupkan akun youtube-nya dengan konten-konten yang bermanfaat bagi pendidik, orangtua maupun anak-anak. Apalagi subscriber-nya saat ini sudah mencapai 4,7 ribu lebih,” ungkapnya.

Ketua Panitia Yulfa Alifianti menjelaskan, kegiatan lomba yang digelar tersebut berlangsung dalam beberapa tahapan. Seluruh guru RA/BA/TA di Kabupaten Purbalingga dilibatkan dalam ajang seleksi secara virtual di masing-masing KKG Kecamatan. 4 peserta terbaik di tingkat kecamatan menjadi tim kreator video pembelajaran kecamatan dan mengirimkan karyanya kepada panitia lomba di tingkat kabupaten.

“Panitia lomba meng-upload video kiriman peserta dari masing-masing kecamatan. Selanjutnya diambil 6 karya terbaik pilihan juri dan 1 satu terfavorit pilihan peserta (melalui like pemirsa). Untuk 6 kreasi terbaik diikutkan pada tahapan final yang diselenggarakan secara offline. Mereka langsung membuat vidio pembelajaran dengan tema acak dari panitia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan final dilaksanakan di Sekretariat KKGRA di komplek Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga pada hari Rabu, 17 Maret 2021. Bertindak sebagai Juri lomba yaitu Achil Jorel seorang editor dan cinematrografer dan pakar Pendidikan Anak Usia Dini Dwiana Puspitasari. Kegiatan yang berjalan lancar tersebut akhirnya menghasilkan keputusan final.

“Berdasarkan hasil penilaian juri posisi Terbaik I diraih KKGRA Kecamatan Purbalingga. Di urutan berikutnya KKGRA kecamatan Bojongsari, KKGRA kecamatan Kalimanah, KKGRA kecamatan Rembang, KKGRA kecamatan Karangreja – Karangjambu dan KKGRA kecamatan Kutasari. Seluruh pemenang mendapatkan tropi, piagam, uang pembinaan dan bingkisan,” jelasnya.

Selain itu KKGRA Kecamatan Kejobong menjadi juara favorit dengan like kiriman vidio terbanyak di akun youtube sejumlah 2,9 ribu like dan menembus rekor lebih dari 7000 viewers. (sika/sar)

Bagikan :
Translate ยป