Kartu Disiplin Motivasi Tepat Waktu di Kelas

Kartu Disiplin Motivasi Tepat Waktu di Kelas

Oleh: Sudiri, S.Pd.I

 

DISIPLIN adalah hal yang sangatlah diperlukan bagi setiap siswa, dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai (Sanjaya, 2005:9). Disiplin ialah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya. (Siswanto, 2001).

Disiplin siswa di sekolah dapat dilihat dari ketaatan siswa terhadap tata tertib yang berlaku di sekolah. Salah satu tata tertib di sekolah yang harus ditaati oleh siswa adalah berkaitan dengan jam belajar di sekolah yang meliputi jam masuk sekolah dan keluar sekolah. Disiplin waktu memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan siswa dalam meraih prestasi, baik dalam bidang akademik ataupun bidang non akademik.

Jika siswa sudah mampu menerapkan disiplin waktu dengan baik dengan datang ke sekolah lebih awal maka ia pun akan dapat mengatur segala kegiatannya di kelas dengan baik. Ia akan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan akan lebih mudah berfikir dalam belajar.

Pada kenyataan, tidaklah mudah membiasakan seluruh siswa untuk datang lebih awal ke sekolah. Walaupun sebagian  besar siswa sudah mematuhi aturan dengan datang tepat waktu namun masih saja ada siswa yang datang terlambat. Dengan jarak rumah jauh dari sekolah dan bangun tidur kesiangan merupakan alasan yang biasa diberikan oleh siswa ketika terlambat masuk kelas. Dengan terlambatnya datang ke sekolah tentu saja akan mengganggu proses kegiatan  pembelajaran, baik bagi siswa itu sendiri ataupun bagi siswa lain. Sehingga hasil belajar siswa pun tidak menjadi maksimal.

Dalam meningkatkan disiplin waktu agar siswa terbiasa berangkat tepat waktu atau lebih awal ke sekolah, di MI Maa’rif NU Kramat khususnya kelas IV guru memberikan kartu disiplin. Kartu disiplin ini bukanlah kartu sanksi atau hukuman. Kartu disiplin yang terbuat dari karton ini diberi nomor urut sesuai jumlah siswa di kelas. Di kartu disiplin ini diisi nama surat-surat pendek juz ‘amma yang nantinya akan dihafalkan oleh siswa. Surat-surat pendek tipe mudah diisikan pada nomor urut awal, sedangkan surat-surat yang dianggap sulit diisikan pada nomor urut akhir. Setiap satu minggu sekali surat-surat yang terdapat dalam kartu disiplin diganti dengan surat-surat yang lain. Diharapkan selain memotivasi anak untuk datang lebih awal, siswa juga akan mampu mengahafal surat-surat pendek dengan baik.

Untuk pengambilan kartu, setiap anak mengambil satu kartu yang sudah disiapkan di dalam kelas. Anak tidak diperbolehkan mengambilkan kartu disiplin untuk temannya yang belum datang.  Anak yang datang lebih awal akan mengambil kartu dengan nomor urut pertama dan seterusnya. Kartu disiplin yang sudah diambil diserahkan kepada guru kemudian siswa menghafal surat pendek yang terdapat di dalamnya di depan kelas.

Mendisiplinkan siswa untuk datang lebih awal dengan memberikan kartu disiplin sederhana ini pada siswa kelas IV MI Ma’arif NU Kramat banyak memberikan pengaruh positif bagi siswa. Siswa menjadi lebih rajin dengan berlomba-lomba untuk datang lebih awal ke madrasah. Walaupun jarak rumah mereka ke madrasah ada yang cukup jauh dengan ditempuh berjalan kaki bukanlah menjadi sebuah hambatan untuk bisa datang tepat waktu.. Selain mendisiplinkan anak untuk hadir tepat waktu, kartu disiplin yang berisikan nama surat-surat pendek ini juga menjadikan siswa berusaha untuk mampu mengafal surat-surat pendek dengan baik. Anak bukan saja disiplin tapi juga mampu menghafal surat-surat pendek yang memang suatu keharusan bagi siswa MI Ma’arif NU Kramat. Tidak mengambilkan kartu untuk teman melatih sikap kejujuran dan tanggung jawab pada diri siswa.

Dengan membiasakan diri hadir di kelas lebih awal, siswa akan lebih siap untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar pun akan maksimal sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 

*) Penulis adalah Guru di MI Ma’arif NU Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga

editor & publisher : sri lestari

Bagikan :
Translate ยป