Kartini Smart Kartini Hebat

Purbalingga – Tanggal 21 April bagi bangsa Indonesia adalah tanggal yang istimewa. Untuk tahun ini diperingati Hari Kartini. Dalam rangka mengenang jasa RA. Kartini, beberapa event diselenggarakan untuk mengapresiasi bakat dan ketrampilan wanita Indonesia. Tak ketinggalan ibu-ibu wali murid di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Penaruban (MIM PENA). Selain terampil membuat aneka jajanan sehat, serasi dan luwes berbusana  a la Kartini, mereka juga sangat cerdas. Ajang kreatifitas ini diselenggarakan tepat di Hari Kartini, Sabtu (21/04) di madrasah tersebut.

 

Siti Nur Laely, S.Pd.I, Kepala MIM Pena mengatakan bahwa Hari Kartini tahun ini adalah rangkaian market day dan peragaan busana muslimah a la Kartini . ” Ajang ini adalah untuk mengapresiasi ibu-ibu wali murid yang pintar memasak aneka jajanan sehat.  Jajanan yang dibuat para ibu wali murid ini dipasarkan di market day, yang bertujuan untuk melatih ibu-ibu wali murid sekaligus murid berwirausaha,” jelasnya.

 

Rangkaian peringatan Hari Kartini, lanjut Laely, diawali dengan upacara yang petugasnya adalah ibu-ibu wali murid. Sebagai komandan upacara adalah ibu dr. Hj. Siti Farkhatun Soimah, alumni MIM Pena tahun 1988. Yang sekarang menjabat sebagai Kepala Puskesmas Kecamatan Bojongsari. Membacakan sejarah singkat R.A. Kartini serta menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini.

 

Selanjutnya kegiatan marketing day yang digelar di halaman madrasah. Aneka jajan sehat hasil karya wali murid kelas 1 hingga kelas 3 itu nampak lezat dan tampilan penyajian yang higienis.

Kegiatan berikutnya adalah peragaan busana kebaya muslimah. Ada 4 point penilaian, yakni penampilan fisik, riasan natural dan syar'i, keserasian dan expresi. Diikuti oleh 39 peserta perwakilan wali murid kelas 4 hingga kelas 6.

 

Sri Lestari, SHI, Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga mewakili tim juri mengatakan bahwa semakin natural riasan dan semakin santun model busananya maka semakin tinggi nilainya.

Dari ke-39  peserta dipilih 15 besar yang selanjutnya mengikuti test tertulis, menjawab 15 soal isian seputar sejarah R.A. Kartini, tokoh perempuan, Kemuhammadiyahan dan pengetahuan umum.   Berikutnya disaring menjadi 6 besar sebagai juara 1 hingga juara 6. Penilaian akhir adalah jumlah peragaan busana dijumlah nilai test tertulis.

Juara 1-3 Indah Permaningsih, Ari Supriyatin, Beti Nurfaidah. Juara harapan 1 – 3 Ibu Aqilah, Ibu Fitri Alfan,Ibu Irfansyah.

 

( Tari/Sar )

Bagikan :
Translate ยป