Kantor Kementerian Agama Purbalingga Senantiasa Ikhlas Berhidmat Melayani Umat

Purbalingga, masih dalam rangka agenda kegiatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga serta beberapa instansi terkait di Kabupaten Purbalingga pada Rabu 28 Desember 2016 melaksanakan Sholat Subuh Berjamaah yang dilanjutkan dengan kegiatan Pengajian Umum dan Bhakti Sosial dalam rangka HAB Kementerian Agama  Ke-71 dan Hari Jadi Purbalingga Ke-186.

Kegiatan yang dilaksanakan di desa Kaliori Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga, Bupati Purbalingga, H. Tasdi, SH, MM dalam sambutannya, “Atas nama warga Purbalingga, kami mengucapkan selamat dan sukses atas HAB Kementerian Agama yang ke-71. Lebih lanjut Beliaui memberikan apresiasi atas kerjasama dan kontribusi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga dalam pembangunan di Purbalingga.  “Sinergitas Pemda Purbalingga dengan Kantor Kemenag yang sudah baik selama ini harus terus dikuatkan demi mewujudkan masyarakat Purbalingga yang mandiri,  berdaya saing dan berakhlakul karimah” tandasnya di depan ribuan jamaah sholat subuh. 

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Bupati beserta unsur Forkorpimda, Plt. Kepala Kantor Kemenag beserta jajaran Kasi, Pokjaluh, Pokjahulu, Pokjawas dan pegawai Kemenag di Wilayah Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Kertanegara juga dihadiri unsur Baznas Purbalingga, PGRI, Camat Karanganyar beserta jajaran Forkorpimcam, Kades se-Kecamatan Karanganyar dan warga Desa Kaliori. Selepas Shubuh bersama, acara diteruskan dengan pemberian bantuan 200 paket sembako senilai 20 juta rupiah, bantuan modal untuk 5 pedagang kecil sejumlah Rp. 2.250.000, dan beasiswa sekolah untuk 4 pelajar SLTP senilai Rp. 2.160.000, 3 siswa SLTA sejumlah Rp. 2.340.000. Rona kebahagiaan juga terpancar dari wajah beberapa anak yatim piatu yang saat itu berkesempatan menerima santunan. Tidak ketinggalan,seluruh Imam Masjid dan Musholla Desa Kaliori sejumlah 39 orang, juga menerima paketan alat sholat senilai 3,9 juta yang masing-masing berisi 1 buah sarung dan 1 buah mukena. Kemudian, selain 50 buah Mushaf al Qur'an senilai 1,5 juta yang diterimakan kepada 9 Takmir Masjid, 100 buah buku Iqra dan juz 'Amma senilai 1,5 juta juga diterimakan kepada TPQ di wilayah Desa Kaliori.

Acara dilanjutkan dengan bedah Rumah Tak Layak Huni (RTLH). Bupati didampingi Plt. Kankemenag Purbalingga beserta rombongan, mengawali pembedahan 5 rumah yang mendapat bantuan rehab  masing-masing 10 juta rupiah. Dalam acara tersebut, nampak sekali kerjasama dan gotong royong serta rasa kebersamaan.

Sebagai puncak acara adalah Pengajian Umum yang dilaksanakan di halaman Balai Desa Kaliori. Ketua Panita Abdul Mujib, S.Pd.I dalam laporannya mengungkapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemkab, Baznas, PGRI dan semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. “suksesnya kegiatan ini merupakan sukses kita bersama” ujarnya. 

Selaku pemrakarsa kegiatan Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Purbalingga, H. Ahmad Muhdzir, S.Ag, MM menyampaikan bahwa rundown acara memang disetting sedemikian rupa,  karena ada dua moment penting yang sedang diperingati, selain dalam rangka HAB Kemenag ke-71, juga untuk memperingati hari jadi Purbalingga ke-186. “Untuk itu kami atas nama seluruh ASN di jajaran Kantor Kementerian Agama mengucapkan selamat dan sukses kepada Pemda Purbalingga teriring  doa semoga Allah SWT meridloi, memberikan kekuatan dan kemampuan kepada Pemda dan kita semua untuk merealisasikan visi dan misi Pemda Purbalingga”.
Selanjutnya Beliau menegaskan “Insya Allah Kementerian Agama di usia  yang ke-71, ke depan dengan dijiwai semangat budaya kerjanya akan senantiasa ikhlas dan semakin berhidmat melayani umat, karena pembangunan negara khususnya Purbalingga merupakan tugas pengabdian” imbuhnya. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kyai Fitron AS, S.HI Pengasuh Ponpes an Nahl Desa Karangreja, Kutasari, Purbalingga dalam tausiyahnya. “Keberhasilan Rasulillah SAW dalam  kepemimpinannya sudah tidak terbantahkan, maka sudah seharusnya pemimpin muslim kita meneladaninya”.  Beliau menambahkan “Kerja keras dengan keikhlasan dan kebersamaan yang dilandasi pengabdian  kepada Allah SWT, itulah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW”. Menjelang pukul 12.00 WIB beliau mengakhiri tausiyahnya dengan doa. (pewarta:khikam aziz)    

Bagikan :
Translate ยป