Jumat Bersih Bersama KKN Mu Untuk Negeri

Purbalingga –Sejumlah 99 siswa MIM Majatengah – Kemangkon mengikuti kegiatan Jumat Bersih di komplek madrasah dan lingkungan sekitarnya, Jumat (10/08). Kegiatan kebersihan lingkungan yang dimotori Kepala Madrasah, Bahtiar Anwar tersebut merupakan kegiatan rutin yang telah dirintis beberapa waktu sebelumnya dan resmi diterapkan mulai tahun ajaran 2018/2019 ini.  Pemandangan menjadi berbeda dengan kedatangan Mahasiswa KKN Mu Untuk Negeri Angkatan V di madrasah tersebut.

Dalam keterangannya, Bahtiar Anwar menjelaskan kegiatan Jumat bersih tersebut sejalan dengan program yang dilaksanakan Mahasiswa Muhammadiyah se-Indonesia yang tergabung dalam program KKN Mu Untuk Negeri di Kabupaten Purbalingga.

“Hal ini dikarenakan ada persamaan program antara madrasah kami yang sudah melaksanakan dalam beberapa Jum’at belakangan dengan KKN Mu untuk Negeri yang memang baru beberapa hari di Desa Majatengah ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Jum’at dan diikuti oleh semua siswa kelas 1- 6 yang dibagi menjadi 3 regu. Masing-masing regu dipimpin seorang ketua dan guru pemandu. Tekniknya semua regu berbaris dan berjalan sambil memunguti sampah yang ada di sekitarnya. Peserta berjalan sesuai jalur yang sudah ditentukan dengan jarak masing-masing regu kurang lebih 1 Km. Kemudian sampah-sampah itu dikumpulkan kepada masing-masing ketua regu yang membawa kantong sampah.

“Regu 1 start dari depan madrasah ke arah timur diketuai Nufa dengan guru pendamping Pak Pranas. Sementara regu 2 berjalan ke utara dari depan madrasah diketuai Rahmat didampingi Bu Min. Sedangkan regu 3 berjalan ke selatan diketuai Opung, didampingi Bu Neni . Dari KKN Mu Mas Rido mendampingi Regu 1, Mba Okta Regu 2 dan Mas Fajar untuk Regu 3,” jelasnya.

Peduli Lingkungan

Menurut Bahtiar, program tersebut merupakan wujud kepedulian madrasahnya terhadap kebersihan lingkungan sekaligus pembiasaan kepada anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Bersih pangkal sehat, kebersihan sebagian dari Iman, maka jagalah kebersihan. Itulah slogan yang kami sampaikan kepada para siswa supaya mereka selalu menjaga kebersihan. Dan kegiatan ini kami harapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, dengan kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan selama ini semoga bisa lebih mendekatkan madrasah kepada masyarakat. Sehingga kita selalu di hati masyarakat. Ini menjadi tantangan bagi kami agar selalu mengadakan kegiatan yang menarik dan inovatif tentunya,” harap Bahtiar.

Narasumber KKN Mu Untuk Negeri, Rido Wahyudi menjelaskan, dalam praktek Kuliah Kerja Nyata selama kurang lebih 32 hari di desa tersebut selain Jum’at Bersih, program yang diadakan bagi siswa dan siswi MIM Majatengah di antaranya ekstra Hisbul Wathan (HW), Bimbel Bahasa Arab, Bimbel Bahasa Indonesia dan Senam. (sar/ )   

Bagikan :
Translate ยป