IGRA Bojongsari Gelar Latihan Manasik Haji

Purbalingga – Sebanyak 443 siswa-siswi RA/BA/TA se-Kecamatan Bojongsari mengikuti latihan manasik haji di Sanggaluri Park baru-baru ini. Mereka didampingi orang tua dan para guru.

Ketua IGRA Kecamatan Bojongsari Umi Rohmah, Senin (10/2/2020) mengatakan, siswa yang mengikuti latihan manasik itu berasal dari 9 RA, 3 BA dan 2 TA. Menurutnya, kegiatan ini diadakan setiap tahun.

“Ini adalah yang kelima. Selalu diadakan di Sanggaluri, kecuali sekali di luar daerah. Wali murid meminta diadakan di Sanggaluri saja yang dekat,” jelasnya.

Dia menambahkan, tema kegiatan hari itu adalah mengenalkan anak dengan rukun Islam kelima yakni menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

“Meski diadakan setiap tahun, peserta latihan manasik ini berbeda setiap tahun. Karena siswa yang ikut tahun sebelumnya, tahun ini sudah lulus naik ke SD/MI,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan anak-anak bisa merasakan rangkaian ibadah haji sejak berangkat memakai kain ihram dari miqat sampai dengan memotong rambut atau tahalul.

“Selain itu diharapkan mereka juga bisa paham ketika ada saudaranya yang berangkat menunaikan ibadah haji, mereka ada bayangan ibadah haji itu seperti apa,” jelasnya.

Selain itu di Sanggaluri banyak wahana bermainnya. Sehingga anak merasa senang karena setelah kegiatan mereka diperbolehkan bermain di wahana itu sebelum pulang

“Selain bagi anak, kegiatan ini juga bermanfaat bagi orang tua yang mendampingi anak. Karena mereka menjadi tahu tata cara pelaksanaan ibadah haji,” jelasnya. (sar)

Bagikan :
Translate ยป