Hilal : Jangan Bangga dengan Hasil Try Out

Purbalingga – Sejumlah perwakilan guru Madrasah Ibtidaiyah  se-Kabupaten Purbalingga  yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG-MI) Kabupaten Purbalingga menghadiri pertemuan rutin tingkat kabupaten yang diselenggarakan di MIM Cabang Purbalingga, Rabu (14/03). Kegiatan yang dipimpin Ketua KKG, Hilal Darsono ini mengagendakan 2 kegiatan penting.

“Agenda penting kita hari ini ada dua kegiatan. Pertama pembagian Panduan  Penyusunan Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional sekaligus penyetoran biaya penggandaan naskah Try Out. Dan kedua pembahasan kegiatan organisasi,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan Try Out yang diselenggarakan madrasah bekerja sama dengan KKG-MI Kabupaten Purbalingga ini telah dapat berjalan dengan lancar. Penyusunan soal dilakukan oleh tim penyusun soal tingkat kabupaten bekerja sama dengan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) Kabupaten Purbalingga.

“Khusus pada pelaksanaan Try out ke-3 pengaturan tempat duduk seperti saat ujian sesungguhnya, agar siswa peserta ujian lebih siap dan terbiasa dengan posisi tempat duduk yang berbeda. Sehingga secara psikis siswa lebih mantap,” tandasnya.

Terkait dengan hasil Try out , ia berharap agar seluruh Madrasah Ibtidaiyah dapat menyetorkan hasil pelaksanaan Try Out tepat pada waktunya ke tingkat kecamatan untuk selanjutnya diserahkan oleh Pengurus KKG MI Kecamatan ke Pengurus KKG-MI Kabupaten. Ia juga berpesan agar pihak Madrasah tidak perlu berbangga diri jika hasil Try Out memuaskan, karena hal itu baru menggambarkan hasil latihan ujian. Nilai sebenarnya nanti saat ujian akhir yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Hasil try out bisa digunakan sebagai pemacu semangat dan bahan latihan ujian bagi seluruh calon peserta ujian, termasuk bagi guru kelas VI dan guru yang membantu memberikan pelajaran tambahan (les) di madrasah. (sar/ )

Bagikan :
Translate ยป