Harapkan Sukses UN, MTsN 2 Purbalingga Gelar Istighosah

Purbalingga – Ujian Nasional bagi siswa kelas IX tinggal beberapa bulan. Sukses belajar anak-anak menuju ujian nasional (UN) bukan hanya tanggung jawab madrasah saja namun juga menjadi tanggung jawab para orang tua di rumah. Hal tersebut disampaikan Kepala MTs Negeri 2 Purbalingga, Siti Mudrikah dalam kegiatan Istighosah bersama Wali Siswa di Masjid Al Ma’wa di komplek madrasah tersebut, Jumat (18/1/2019).

“Ujian Nasional bukan hanya tugas sekolah saja, orang tua, ataupun anak-anak saja  melainkan tugas kita bersama. Pihak orang tua juga diharapkan dapat membantu dengan cara memantau anaknya khususnya dengan mengurangi waktu bermain. Waktu luang yang ada sebaiknya digunakan untuk belajar lebih intensif,” ungkapnya.

Menurutnya siswa juga diharapkan untuk tidak banyak melakukan pelanggaran tata tertib yang ada di madrasah, untuk mencegah catatan poin pelanggaran yang semakin banyak. Selain itu orang tua/ wali murid harus tahu mata pelajaran apa saja yang akan diujikan.

“Ujian Nasional (UN) akan dilaksanakan 22 – 25 April 2019 dengan 4 mata pelajaran, yaitu : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Sedangkan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) akan diselenggarakan 18 – 20 Maret 2019 dengan 3 mata pelajaran yaitu Al-Qur”an Hadits, Fikih dan SKI. Sedangkan untuk mapel yang lain, akan diujikan dalam Ujian Madrasah (UM),” tambahnya.

Kegiatan istighosah yang diikuti 247 wali murid kelas IX, jajaran guru dan pegawai MTsN 2 Purbalingga tersebut juga dihadiri Ketua Komite Madrasah, K.H. Djafar. Dalam sambutannya ia berpesan agar para orang tua meningkatkan pengawasan kepada putra-putri mereka.

“Saya menghimbau dan mengharap Bapak/Ibu terus mendidik putra/putrinya termasuk untuk terus menjaga kesehatan dan mengawasi pergaulannya selama waktu menjelang ujian ini. Supaya di hari H nanti anak-anak kita dapat mengerjakan ujian dengan baik dan lancar,” pesannya.

Selain kegiatan doa bersama yang dipimpin K.H. Dimyati juga diselingi pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustadz Muhsin dan bacaan sholawat bersama. (dian/sar)

Bagikan :
Translate ยป