Hadapi Ujian Akhir Siswa dan Orang Tua Ikuti Parenting

Purbalingga – Dalam rangka persiapan ujian akhir nasional sekaligus memberikan semangat dan motivasi belajaryang tinggi serta mewujudkan dukungan orang tua kepada anak, MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga (Mutulingga) menggelar kegiatan Parenting di komplek madrasah setempat, baru-baru ini.

Kepala MTs Mutulingga Siswogo dalam keterangannya kemarin menjelaskan, kegiatan yang digelar akhir pekan lalu tersebut diikuti 400-an peserta yang terdiri dari 200 siswa kelas IX dan para orang tua.

“Kegiatan tersebut mengangkat tema Pendidikan untuk Generasi Alfa dengan mengundang pembicara Kepala MIM Ajibarang Kulon sekaligus motivator, Welas Rarasati, M.Pd.,” jelasnya.

Ia berharap para orang tua mendukung madrasah dalam menyiapkan siswa menghadapi ujian. Apalagi menurutnya pada tahun ini siswa harus menghadapi ujian berbasis IT dengan menggunakan android.

Sementara motivator Welas Rarasati dalam materinya menjelaskan tentang pendidikan untuk generasi alfa. Menurutnya generasi alfa merupakan generasi kelahiran tahun 2010 hingga sekarang.

“Menurut penelitian, generasi ini sangat terdidik karena masuk sekolah lebih awal dan banyak belajar. Selain itu, mereka memiliki orang tua dengan kemampuan yang cukup dan memiliki sedikit saudara kandung. Generasi ini merupakan generasi yang jauh lebih modern dari dua generasi sebelumnya, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan jauh lebih menguasai teknologi dari generasi – generasi sebelumnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, pendidikan utama untuk generasi alfa ini yang pertama adalah pendidikan agama. Disusul pendidikan tentang arti penting keluarga, kemudian sopan santun dan terakhir sosialisasi. Sedangkan untuk orang tua dari generasi alfa ini perlu terus belajar dari berbagai sumber tentang cara menjadi orang tua yang baik. (sar)

Bagikan :
Translate ยป