Hadapi HAB ke-76 Kankemenag Purbalingga Gelar Rapat Koordinasi

Kepala Kankemenag Purbalingga H. Karsono memberikan sambutan pengarahan pada Rakor Persiapan HAB ke-76 Kemenag di Aula Lantai 2 kantor setempat.

Purbalingga – Peringatan  Hari Amal Bakti (HAB) ke-7 6 Kementerian Agama Tahun 2022 meski dikemas sederhana namun harus bermakna dan meningkatkan spirit jajaran yang dinaunginya. Hal tersebut dikemukakan Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Purbalingga H. Karsono pada kegiatan Rapat Koordinasi Panitia Peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama Tahun 2022 di Aula Lantai 2  kantor setempat, Rabu (29/12/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai 2 kantor setempat tersebut dihadiri Kasubbag TU, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, para Pengawas PAI  / Pengawas Madrasah, Pejabat Fungsional dan para staf lainnya. Kakankemenag Karsono dalam sambutannya menjelaskan, terkait kegiatan ziarah jajarannya tetap akan melakukan kegiatan ziarah ke makam perintis dan pendiri Kementerian Agama K.H. Abu Daldiri di TPU Pekih Purwokerto pada hari Jumat (31/12/2021).

“Dasar surat dari Kanwil, kegiatan ziarah akan dilaksanakan secara serentak pada Kamis (30/12/2021) pukul 09.00 pagi. Kita juga diberi kesempatan untuk terlibat. Namun kita  menetapkan kegiatan ziarah akan dilaksanakan pada hari Jumat (31/12/2021) kebetulan pada hari Kamis ada agenda Kepala Kantor dengan Kelompok Kerja Pengawas,” jelasnya.

Sedangkan untuk kegiatan istighozah yang semula direncanakan akan digelar Selasa (4/1/2022) pagi akan dilakukan penyesuaian dikarenakan adanya kegiatan kedinasan yang digelar secara serentak se Jawa Tengah.                                                                                                                                                                            

Menurutnya, karena tidak mungkin sebuah kegiatan besar digelar tanpa adanya anggaran maka ia mengingatkan agar penyelenggaraan kegiatan dlam rangka HAB ke-76 digelar dengan mengedepankan prinsip kesederhanaan. Sedangkan untuk pembiayaan kegiataan panitia dapat menggunakan anggaran dana dari beberapa sumber sepanjang tidak melanggar kode etik dan aturan perundangan yang berlaku.

Ketua Panitia HAB ke-76 Tingkat Kankemenag Purbalingga H.Sugeng Riadi dalam penjelasannya menekankan, kepanitiaan yang dibentuk sebagai legalitas formal agar sebuah kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan terarah.

“Kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pemasangan baliho di KUA dan madrasah, kerja bakti di seluruh satker, Ziarah ke Makam Perintis dann Pendiri Kementerian Agama K.H. Abu Dardiri, Upacara HAB ke-76 di masing-masing wilayah kecamatan dan di Kankemenag kabupaten, Istighozh,bakti sosial,  lomba memasak, dan lomba-lomba olah raga,” jelasnya.

Cabang-cabang yang dipertandingkan meliputi: bulu tangkis (putra), tenis meja (putra / putri), dan catur (putra/putri), imbuhnya.

“Untuk penyelenggaraan upacara di seluruh Satker / Madrasah diikuti oleh maskimal 50 orang peserta dengan menerapkan protocol kesehatan,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk kegiatan istighozah akan digelar secara virtual, dan diikuti oleh seluruh ASN di jajaran Kankemenag kabupaten Purbalingga. Sedangkan untuk lomba memasak diikuti oleh perwakilan setiap ruang / seksi sejumlah masing-masing 2 orang dengan ketentuan peralatan dan perlengkapan memasak menjadi tanggung jawab masing-masing peserta. Selain itu pendaftaran dilakukan sehari sebelum undian menu sajian masakan yang dilombakan.* (sri/sar)

Bagikan :
Translate »