Guru PAI Inspirasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius

Purbalingga – Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMP menggelar rapat pleno di Aula Uswatun Hasanah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Senin (07/05). Rapat yang dihadiri 70 peserta ini membahas rencana kegiatan selama bulan Ramadhan dan kegiatan MAPSI 2018.

Kasi Pendidikan Agama Islam, Siswadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi  kepada seluruh pengurus dan anggota MGMP yang sudah membangun kerjasama baik dengan Kantor Kementerian Agama maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga. Ia berharap kerjasama yang baik tersebut   terus dilanjutkan

Kabid SMP, Joko Supriyadi menjelaskan, agenda kegiatan yang sedang digelar membahas rencana kegiatan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dan persiapan kegiatan lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (MAPSI) XI Tahun 2018. Kegiatan Ramadhan, menurutnya sangat penting sebagai wujud pengejawantahan salah satu Nawacita yang menjadi agenda pokok pemerintahan Presiden Jokowi – Jusuf Kalla, yaitu revolusi mental karakter bangsa agar memiliki budi pekerti yang luhur melalui peningkatan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

“Saya yakin, pengurus MGMP PAI sangat dibutuhkan oleh lingkungannya. Tidak heran jika kegiatan Ramadhan diserahkan kepada Guru PAI. Maka diharapkan Guru PAI memunculkan kreatifitasnya yang dapat didukung oleh siswa-siswinya,” harapnya.

Terkait dengan persiapan MAPSI PAI SMP tahun 2018 tingkat Kabupaten Purbalingga ia berpesan agar pelaksanaan seleksi dipersiapkan sedini mungkin. Para guru harus jeli dalam memilih siswa-siswinya terutama yang mempunyai bakat, potensi dan bersemangat untuk mewakili sekolahnya dalam berlomba.

“Jangan sampai sekolah yang mayoritas beragama Islam tidak bisa mengirimkan wakilnya dalam kegiatan MAPSI,” ungkapnya.

Rapat pleno yang dipimpin ketua MGMP PAI, Priyanto berakhir dengan menghasilkan lima rencana kegiatan. Pertama, Lomba MAPSI XI dilaksanakan tanggal 8 September 2018, di Pendopo Bupati dan SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga. Jenis lomba meliputi : Cerdas Cermat Islam (CCI), Pidato, Tahfidz Qur’an, Tilawah Qur’an, Tartil Al Qur’an, Kaligrafi dan Rebana. Kedua, seluruh SMP se-kabupaten Purbalingga wajib mengirimkan delegasi untuk tiap cabang lomba. Ketiga, terkait Ramadhan Guru PAI harus menjadi inspirasi dalam penguatan pendidikan karakter religius. Keempat, Safari Ramadhan dalam bentuk tarowih keliling (tarling) akan dilaksanakan di Kecamatan Bobotsari dan Kemangkon. Kelima, penerbitan bahan kultum Ramadhan. (Sri / Sar)

Bagikan :
Translate ยป