Festival Futsal Perkokoh Eksistensi Madrasah

Purbalingga – Sebanyak 13 Tim Futsal Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Karanganyar mengikuti kegiatan Festival Futsal yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Penjas/orkes Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Karanganyar, Sabtu (31/03 di Alin Futsal Desa Kasih Kecamatan Kertanegara. Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini dibuka oleh Pengawas RA/BA-MI Kecamatan Karanganyar, Atun Munawaroh.

Ketua Panitia Penyelenggara, Muji Rantono dalam laporannya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan program kerja KKG Penjas/orkes yang bertujuan meningkatkan kesadaran siswa sebagai individu yang memiliki landasan spiritual, moral, etik pergaulan dan wawasan masa depan yang luas guna mempersiapkan generasi di masa mendatang.

“Selain itu sebagai upaya mengarahkan peserta didik pada lingkungan persaudaraan untuk menjalin rasa persatuan dan kesatuan. Juga merupakan usaha memperkokoh keberadaan Madrasah Ibtidaiyah sebagai Lembaga Formal dengan meningkatkan ekstrakurikuler sebagai kesatuan dalam sistem Kurikulum Madrasah,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini memperebutkan tropi untuk juara 1, 2, 3 dan pencetak gol terbanyak. Sumber dana penyelenggaraan kegiatan berasal dari pendaftaran peserta, kas KKG dan sumbangan para donatur. Penyelenggaraan pertandingan mengacu pada peraturan futsal yang sebenarnya dengan segala penyesuaian yang dilakukan oleh panitia penyelenggara. Dalam babak pendahuluan peserta dibagi dalam 4 grup, masing-masing grup A, B, C terdiri dari 3 tim sedangkan grup D terdiri dari 4 tim, dengan sistem pertandingan setengah kompetisi. Juara grup berhak maju ke 4 besar atau babak semifinal dengan menggunakan sistem gugur.

“Saya mewakili rekan-rekan panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pengawas dan K3MI yang merespon dan mendukung kegiatan festival futsal ini sepenuhnya. juga kami mohon maaf karena masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini,” pungkasnya.

Dari kegiatan tersebut, tercatat Pencetak gol terbanyak Ananda Mansyur dari MI Ma’arif NU 02 Kalijaran (12 gol). Sedangkan Juara 1,2 dan 3 diraih secara berurutan oleh MI Ma’arif NU 02 Kalijaran, MI Ma’arif NU 2 Bungkanel dan MI Ma’arif NU 1 Bungkanel. (sri/sar)

Bagikan :
Translate ยป