Fenomena Amal Munculkan Fenomena Alam

Purbalingga – Fenomena alam yang terjadi di sekitar kita sesungguhnya merupakan imbas dari amal perbuatan manusia. Perlakuan manusia terhadap alam yang kurang bijaksana mengakibatkan kerusakan alam dan merugikan alam semesta termasuk manusia dan mahluk hidup lainnya. Hal tersebut diungkapkan Ketua Pokjawas, Fauzan Anwar dalam tausiyahnya pada kegiatan Pengajian Selasa Pagi di Aula Lantai II Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Selasa (06/03).

Kegiatan rutin yang dihadiri segenap pimpinan dan staf Kankemenag KabupatenPurbalingga ini diisi dengan kajian singkat yang menumbuhkan semangat muhasabah. Dalam tausiyahnya, Fauzan mengangkat tema “Pengaruh amal terhadap fenomena alam”.

“Banjir, tanah longsor, kebakaran hutan adalah musibah yang terjadi karena rusaknya alam oleh tangan manusia,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kerusakan alam yang terjadi di muka bumi ini sudah dijelaskan sejak 14 abad yang lalu melalui firman Allah SWT  dalam Al Qur’an Surah Ar Ruum ayat 41 : “ Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar) ”.

Fauzan juga menyitir Sabda Rasulullah SAW: “ Jika umatku melakukan lima belas macam, pasti akan datang bencana atas umatku ini. 1) Jika kekuasaan digunakan untuk mendapat keuntungan. 2) Amanat dianggap sebagai rampasan perang. 3) Amalan zakat diingkari. 4) Suami tunduk pada aturan istri. 5) Anak durhaka kepada ibunya. 6) Melakukan perbuatan baik hanya kepada teman dekatnya saja. 7) Anak berselisih pendapat dengan bapaknya. 8) Bersuara keras di masjid. 9) Yang menjadi pemimpin rusak budi pekertinya. 10) Lebih takut kepada preman daripada kepada Ulama. 11) Minuman keras/narkoba merajalela. 12) Merajalelanya pakaian sutra. 13) Maraknya penari wanita. 14 )Merajalela pemain musik. 15) Umat sekarang  mengutuk umat terdahulu.

Agar terhindar dari bencana alam, Fauzan mengajak kepada para peserta yang hadir untuk mengerjakan 6 amalan. Ke-6 amalan tersebut adalah : 1) Mensyukuri nikmat Allah dan menguatkan iman. 2) Segenap lapisan masyarakat agar bersegera beramal sholeh. 3) Memohon ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan. 4 )Menjauhi perbuatan-perbuatan zalim. 5) Mengingatkan kepada orang-orang yang hidup mewah agar mentaati Allah. 6) Meramaikan masjid dan memohon ampun di waktu malam. (sar/ )

Bagikan :
Translate ยป