Dekorasi aestetik, nikah di KUA serasa nikah di rumah

Kantor Urusan Agama ( KUA ) merupakan miniatur Kementerian Agama di tingkat kecamatan. Kantor layanan publik ini banyak melayani urusan umat seperti kemasjidan, zakat wakaf, penyuluhan, konsultasi agama serta keluarga dan yang paling melekat  adalah kantor yang membidangi urusan nikah. Saking identik dengan urusan nikah, sehingga sering kita dengar KUA diparodikan menjadi Kantor Urusan Asmara. Tidak salah, karena memang tugas dan fungsi KUA diantaranya adalah menghalalkan hubungan asmara antara laki-laki dan perempuan melalui pernikahan yang sah berdasarkan peraturan dan Undang-Undang yang berlaku.

Dalam rangka menunjang peningkatan pelayanan nikah, baru-baru ini KUA Karangmoncol 1 meluncurkan  layanan nikah yang kreatif dan inovatif yakni menyulap Balai Nikah menjadi seperti rumah pengantin. Meski disulap, mendekorasi Balai Nikah layaknya rumah pengantin tidak kun fayakun. Melalui ide kreatif dan ketrampilan seni menghias, staf KUA Karangmoncol 1 bahu membahu mendekorasi Balai Nikah. Meski dengan bahan dan alat yang sederhana, wal hasil Balai Nikah KUA yang terletak di Desa Pekiringan ini nampak lebih meriah, sumringah dan aestetik.

“Kebetulan di bulan Muharram kemarin ini sepi layanan nikah, jadi kita gunakan untuk merubah suasana Balai Nikah menjadi lebih cantik. Ini bagian dari upaya meningkatkan layanan nikah, agar para pengantin ini merasa spesial meskipun nikah di kantor”, kata Haifan Najah, Plt. Kepala KUA Kecamatan Karangmoncol 1 ini.

Lebih lanjut Haifan menjelaskan bahwa biaya dekorasi dianggarkan dari belanja Operasional KUA Kecamatan Karangmoncol 1 bulan Agustus 2022..

“Pelaksanaan nikah di KUA gratis. Layanan gratis bukan berarti apa adanya, namun memberikan yang terbaik. Sehingga nikah di kantor serasa nikah di rumah”, ujar Penghulu kelahiran Juni 1979 ini.

Selain dekorasi, lanjut Haifan, disiapkan juga pojok selfi  yang masih berada di dalam Balai Nikah, tepatnya sebelah kiri pintu masuk.

“Untuk menambah suasana seperti di rumah pengantin, diputarkan iringan musik religi dan wedding music oleh Walid Ikhsanudin (Pramubhakti) sekaligus dibuatkan video klip saat moment akad nikah”, jelas Haifan yang menjabat sebagai Kepala KUA Kecamatan Kertanegara per 1 September 2022 ini.

“Harapannya, semoga inovasi ini meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan kami”, harap Haifan.

Sementara itu, pasangan pengantin Mahfur dan Susanti kepada Humas mengaku senang dan tidak menyangka pelaksanaan nikah di kantor semeriah ini.

“Kami senang dan  merasa nikah di rumah sendiri. Walaupun gratis, kami mendapat dokumentasi bagus yang akan menjadi kenangan sepanjang masa. Luar biasa  pelayanan KUA ”, akunya. (Lid/sl)

Bagikan :
Translate »