Bupati Purbalingga Bantu Madrasah

Purbalingga – MTs Ma’arif NU 05 Majasari Kecamatan Bukateja memperoleh  bantuan peralatan hadroh, bola kaki, bola voli, sepeda dan bantuan hibah senilai Rp 50.000.000,00 dari Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Jumat (31/1/2020).

Pemberian bantuan tersebut dilakukan saat kegiatan Bupati Tilik Madrasah. Kegiatan ini merupakan kegiatan baru Pemkab Purbalingga karena banyak masukan dari masyarakat bahwa hanya sekolah negeri yang dikunjungi bupati.

“Oleh karena itu pemerintah berinisiatif mengagendakan kegiatan ini. Pasalnya visi dan misi madrasah sama dengan sekolah lainnya,  yaitu membangun generasi muda menjadi generasi yang cerdas, unggul dan berakhlakul kharimah,” kata Tiwi.

Tiwi menjelaskan, bangsa Indonesia saat ini sedang dihadapkan berbagai macam permasalahan, salah satunya adalah permasalahan remaja berupa degradasi moral, pergaulan bebas, narkoba, minuman keras bahkan paham radikal.

“Salah satu faktor yang bisa membentengi anak adalah ilmu agama. Sehingga orang tua tidak salah menyekolahkan anak di madrasah. Melalui madrasah akan tercipta generasi-generasi yang Qurani dan akan mewujudkan generasi Purbalingga menjadi generasi yang berakhlakul karimah,” jelasnya.

Peran orangtua di rumah juga sangat diperlukan. Orang tua harus mau dan mampu mendampingi anak-anaknya dengan baik. Lingkungan keluarga tidak kalah penting dengan pendidikan formal, sehingga pendidikan formal dan keluarga harus seimbang.

“Karena di Indonesia pendidikan tidak cukup hanya melalui kecerdasan intelektual tetapi pembinaan mental spritual, akhlak dan karakter merupakan yang sangat penting,” tuturnya.

Kepala MTs Siti Maesaroh mengatakan, madrasah yang dipimpinnya memiliki visi yang sejalan dengan visi misi Kabupaten Purbalingga, yakni terwujudnya generasi yang berilmu, beramal dan berakhlakul karimah, serta pribadi yang peduli dan bertanggung jawab.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purbalingga, Karsono dan Kasi Pendidikan Madrasah, Sudiono. Selain itu juga hadir Camat Bukateja, Harsono bersama Forkompimcam Bukateja, Kepala UPT Dindikbud Korwilcam Bukateja, Kepala Desa beserta perwakilan perangkat desa se-kecamatan Bukateja.

“Pengawas Madrasah bersama para Kepala MI dan MTs se-kecamatan Bukateja juga hadir. Sedangkan dari unsur yayasan dan madrasah kami hadir  Pengurus MWC NU, Pengurus BP3MNU, para guru, Wali Murid kelas 7-9 bersama seluruh siswa. Kegiatan Bupati Tilik Madrasah ini merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama di MTsN 1 Purbalingga,” pungkasnya. (sar)

Bagikan :
Translate ยป