Bimas Islam Monitoring dan Evaluasi Pelayanan di KUA Kaligondang

Kepala KUA Kecamatan Kaligondang H. Saroyo bersama para pegawai dan Penyuluh Agama Islam wilayah kecamatan Kaligondang mengikuti pembinaan oleh Kasi Bimas Islam H. Sarif Hidayat dalam rangkaian kegiatan Monev KUA Tahun 2022.

Purbalingga – Dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsinya, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian  Agama kabupaten Purbalingga melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pada seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di kabupaten Purbalingga.

Kasi Bimas Islam H. Sarif Hidayat dalam pengarahannya saat melakukan monev di KUA Kaligondang, Rabu (15/6/2022) meminta jajarannya terus meningkatkan  kualitas layanannya  kepada masyarakat meskipun dengan kondisi yang penuh keterbatasan.

Terkait ketenagaan Sarif mengungkapkan, saat ini kondisi KUA secara mayoritas hanya memiliki tenaga PNS kurang dari 5 orang. Dengan banyaknya pegawai yang pensiun, pada satu KUA bahkan hanya terdapat 2 – 3 orang PNS. Terkait pengangkatan PNS ia mengungkapkan, untuk saat ini dapat dipastikan tidak ada rekrutmen tenaga PNS untuk jabatan pelaksana.

“PNS lebih diarahkan pada jabatan fungsional,” ungkapnya.

Ia menambahkan, selain para pegawai para penyuluh juga diminta meningkatkan performansinya.

“Hal ini penting karena membawa nama baik Kementerian Agama  di masyarakat termasuk para pejabat dari instansi / lembaga lintas sektoral lain termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat, ” jelasnya.

Selaku Kasi Bimas Islam Sarif berpesan Penghulu untuk menepati waktu saat melayani kegiatan pencatatan nikah di masyarakat.

“Bisa jadi keluarga pengantin sudah menunggu 1 atau 2 jam sebelum waktu prosesi pernikahan. Sehingga saat penghulu terlambat 5 menit saja mereka langsung protes. Hal-hal seperti ini sangat rentan apalagi saat warga memiliki akses ke media sosial, ” tandasnya.

Ia menambahkan, semua jenis pelayanan yang sudah baik untuk terus dipertahankan. Sedangkan pelayanan maupun sarpras yang masih kurang untuk sebisa mungkin dipenuhi atau ditingkatkan.

Menyinggung kebijakan kedinasan Sarif meminta seluruh jajarannya untuk menerima  keputusan yang diambil pimpinan atau pejabat terkait.

“Bekerjalah sesuai dengan jalur yang benar dan sesuai dengan porsinya masing-masing. Ini sifatnya saling mengingatkan, mari kita mencoba untuk berkhidmat dengan yang terbaik untuk Kementerian Agama, ” imbuhnya.

Selain pembinaan yang diikuti Kepala KUA / Penghulu, pegawai dan para Penyuluh Agama Islam, pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan buku-buku catatan dan berbagai berkas administrasi layanan oleh Tim Monev Seksi Bimas Islam Kankemenag Purbalingga. * (sar)

Bagikan :
Translate »